Buku Augmented Reality With ARToolkit

Buku Augmented Reality With ARToolkit
Dapatkan Segera

Leave Comment


ShoutMix chat widget

Tuesday, June 19, 2012

Tutorial AR Android Vuforia

Hello Folks.. Selamat datang di A.R.T - Oke, jika sebelumnya saya pernah membahas AR Android dengan NyarToolkit, pada tutorial kali ini, saya akan membahas membangun AR Android dengan Vuforia. dan apa seh kelebihan dari Vuforia dibandingkan dengan NyarToolkit?, Well, yang saya senang dari Vuforia adalah, fungsi Markerless yang tidak kita temui di NyarToolkit.

dengan Markerless, kita tidak perlu menggunakan marker konvensional berbentuk Hitam-Putih seperti di NyarToolkit, kita bisa menggunakan Marker berwarna atau bergambar tanpa perlu bingkai hitam di sekeliling markernya. kemudian, fasilitas Virtual Button yang tidak kita temui di NyarToolkit, yang bisa membuat AR kita menjadi interaktif. itulah beberapa kelebihan Vuforia daripada NyarToolkit.

oke, bagaimana membangun AR dengan Vuforia? well caranya gak jauh beda sama NyarToolkit, paling hanya perbedaan di instalasi SDK saja, lagipula Tutorial Vuforia sudah ada di situs resminya sendiri. anda akan menemukannya saat anda mendownload SDK Vuforia. tutorialnya mudah dipahami, jadi anda bisa belajar disana.

sekarang, apa saja yang dibutuhkan untuk membangun AR dengan Vuforia? banyak.. pertama anda harus menginstall Eclipse, kemudian JDK, lalu Install Vuforia, Setting sana Setting sini, dll..*tambah Bingung*.. haha. tenang aja, akan saya jelaskan satu-satu, agar bisa diikuti.

pertama-tama, kita harus mendownload SDK Vuforia, tapi mendowload SDK Vuforia ini gak semudah anda mendownload di Indowebster, anda harus registrasi dahulu di situsnya. dan berdasarkan pengalaman saya, registrasinya juga sulit buat yang baru nyoba vuforia. tapi tenang aja, saya akan memandu anda melakukan registrasi di Vuforia.

pertama-tama buka situs: https://developer.qualcomm.com/ - kemudian klik Register







di menu Register, kalian masukkan semua field registrasi yang wajib diisi. tapi untuk Password, kalian harus menggunakan karakter huruf "Alay", misal seperti vUf0ri4, karena beberapa kali saya registrasi tapi gagal terus, karna saya hanya memasukkan password biasa hanya karakter lurus, tanpa ada variasi tulisan., misal seperti augmentedreality1987. jika kalian tidak percaya, silahkan coba saja, pasti akan ada warning seperti dibawah ini:






dan untuk registrasi Email, awalnya saya menggunakan email Yahoo.com untuk registrasi, tapi ternyata notif aktifasi akun tidak terkirim ke yahoo, kemudian saya coba registrasi ulang dengan akun Gmail.com, baru email aktifasi terkirim. saya tidak tau masalahnya ada pada yahoo atau vuforia, tapi yang jelas buat saran saja, lebih baik gunakan akun Gmail untuk registrasi.

jika sudah registrasi, langsung klik Register, dan notif pemberitahuan untuk mengaktifasi registrasi akan dikirim ke email anda. silahkan cek di email anda, dan klik link yang diberikan oleh Vuforia, untuk mengaktifkan akun anda.












jika registrasi sudah berhasil, silahkan anda login dengan email dan password anda. selamat anda berhasil masuk ke Vuforia. dan sekarang apakah saya bisa mendownload SDK Vuforia?? ohhh.,. belum.. anda harus registrasi lagi ke QDev.. *Ribet yah?.. hahaha - awalnya saya sedikit agak kesal, karna saya belum boleh download SDK padahal sudah registrasi, tapi ternyata akun QDev dan Vuforia berbeda akun, jadi untuk mendownload SDK Vuforia yang ada di QDev anda harus Registrasi lagi.

oke, langsung saja  masuk ke link ini
https://ar.qualcomm.at/qdevnet/sdk/android

kemudian setelah masuk, klik Register di Ujung kanan Web







di menu Register, silahkan isi semua field, jangan sampai ada yang kosong. bahkan jika anda kosongkan field about me, anda akan gagal registrasi (*Ribet..)


















dan setelah klik Register, cek email anda, maka anda akan dikirimi Password dan Username yang anda pakai untuk Login di Qdev,net, seperti gambar dibawah ini:













nah, sekarang coba anda login dengan email dan password anda. jika masuk, maka anda bisa mendownload SDK Vuforia.















setelah anda bisa masuk, sekarang anda pilih SDK sesuai dengan platform sistem operasi anda masing-masing. tutorial ini menggunakan SDK untuk Windows.











dan untuk diketahui, bagi anda yang menggunakan Internet Download Manager. downloadan tidak akan di Grab oleh IDM. sdk hanya bisa didownload oleh, downloader bawaan dari browser anda masing-masing (*tambah ribet) .. haha. yahh.tp gpp lah, lagi pula hanya 3 Mb.

oke tunggu SDK sampai selesai didownload. baru kita akan melanjutkan instalasinya. ok guys, cukup sampai disini dulu tutorial yang pertama, jika anda ingin masih ingin melanjutkan, anda bisa mengikuti Guide atau tutorial yang sudah diberikan Vuforia, disebelah menu download.

saya belum bisa melanjutkan tutorial ini karena keterbatasan waktu dan Hardware. jadi silahkan anda ikuti tutorial yang sudah diberikan Vuforia yah. Salam dan saya minta maaf. :)



18 komentar:

Mas Anggi... kayanya ribet bgd mau download vuforianya...
bisa di upload ke mediafire aja ga?

ditunggu ya...

wahh.. agak lama saya kalo Upload..
tapi nanti dicoba, kalo inet lg gak lemot :)

udah saya download mas...
di tunggu ya mas anggi untuk tutorial selanjutnya...

udah download, tapi g ngerti cara pake sdk nya,,,

kan ada tutorialnya di situs Vuforianya :)

cara ganti objek dan markernya gimana?yang native android

mas saya udah nginstal semuanya , tapi waktu nginstal vuforia keluar peringatan "Window error 2 occured while loading the java VM", itu knpa ya ??

mas, saya sudah coba tutorial di vuforia nya. di situ ga d jelasin kita nyimpen objek 3d dimananya. saya uda cari d sample nya ga ada objek 3d nya. itu vuforia pake 3d nya gmn ya mas?

mas,saya mau tanya.Company itu apa ya?????

mas, ini tutorial selanjutnya gak diterusin?
beda vuforia sama d'fusion apa mas? kan sama-sama markerless

mas pleas dong lanjutanya di Vuforia bilang di isntall SDK nya di bawah saya uda downlood tapi gak tau maksud development rootnya maksudnya apa?

waduh object 3D nya pakai Unity yah????

This comment has been removed by the author.

agan2 ada gak yang punya vuforia extension unity 2.8.9?

Nanti di seting sdk managernya pilih, API yang kompatibel sama perangkat selulernya.

Nanti kamu ke bagian hierarchy, terus klik image target buat ganti market. Klik aja di gambarnya nanti bisa di browse.

Objeknya tinggal di import aja. Bisa dari asset - new package dalam format fbx.

mass.
tau gak gimana cara buat fasilitas zoom di augmented reality?
mohon bantuan mas y

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More