Buku Augmented Reality With ARToolkit

Buku Augmented Reality With ARToolkit
Dapatkan Segera

Leave Comment


ShoutMix chat widget

Sunday, June 17, 2012

Tutorial Augmented Reality Android Part 1: Getting Started

Halo..Halo.. Selamat datang di A.R.T - akhirnya tutorial yang sudah lama ingin kami buat bisa kelar juga. thanks buat rekan kami Om Desta yang sudah meminjamkan Android Phone-nya, Alloh Memberkahi.. (^0^) - yapp, ini tutorial yang paling banyak dicari dan tapi cuma hanya beberapa blog yang menjelaskan developing AR untuk Android. 

sebenarnya, banyak SDK yang bisa kita gunakan untuk mengembangkan Aplikasi Android, misal seperti Vuforia, Wikitude, Layar, Junaio, Metaio, dan NyarToolkit. tapi untuk "Sekarang Ini" saya lebih suka dengan NyarToolkit, karna pengembannya mudah, walau jeleknya Belum bisa merkerless seperti Vuforia. but well, gak ada salahnya kita nyoba kan, hitung-hitung sebagai menambah pengetahuan di AR.

tapi.. nanti kita akan mencoba develop AR dengan Vuforia juga, jadi kalian bisa membandingkan dan bisa memilih mau menggunakan NyarToolkit atau Vuforia.

Kebutuhan Hardware, Software dan SDK

oke back to the topic, bagaimana mengembangkan AR Android dengan library NyarToolkit?, well buat yang pernah ngedevelop atau pernah mencoba developing Aplikasi Android, pasti sangat mudah memahaminya, karna mengembangkan aplikasi AR Android sama saja seperti mengembangkan Aplikasi Android Biasa, yang penting kita mempunyai SDK dari librarynya (*Contoh: Nyartoolkit atau Vuforia) yang bisa kita ambil sample source code-nya untuk dikembangkan. 

nah, sekarang apa saja yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi AR Android? well, kita mulai dari kebutuhan Hardware. untuk kebutuhan Hardware, sudah pasti anda harus mempunyai Android dengan sistem operasi minimal Android Froyo 2.1, kalau bisa Android dengan processor ARMV7 yang rata-rata dipakai di Android zaman sekarang. selanjutnya anda juga butuh satu komputer atau laptop dengan Processor Minimal Pentium 4 Ram 1 Gb, kalau bisa Core 2 Duo dengan Ram 2Gb lebih di rekomendasikan, karna kita akan menjalankan software Eclipse yang sedikit berat saat Loading, jika dijalankan di Komputer dengan spek seadanya. 

dan untuk kebutuhan Software, anda harus mendownload beberapa software yang wajib diinstal di komputer anda. berikut list beserta link downloadnya
  1. Eclipse IDE for Java Developers
  2. Java Platform (JDK) 7u5
dan terakhir Untuk SDK, anda membutuhkan SDK Nyartoolkit yang bisa anda dapatkan di link dibawah ini.
  1. NyarToolkit SDK
kebutuhan yang lain yang anda harus penuhi adalah, anda harus mempunyai Internet dengan koneksi minimal 50-60 Kbpbs - lebih disarankan menggunakan Internet dengan kecepatan 100Kpbs, supaya tidak lama saat installing SDK. 

Instalasi dan Pengaturan SDK di Eclipse

ok.. sekarang saya anggap kalian sudah mengginstal Eclipse dan JDK yang dibutuhkan. sekarang Ekstrak Eclipse di Harddrive anda dimana saja. lalu buka Eclipse anda. dan jika Eclipse bertanya, dimana tempat anda menyimpan Workspace Projek anda?, silahkan anda setting sendiri. saya tidak mengatur apa-apa di workspace ini, karena takutnya, saya lupa dimana tempat saya menyimpan projek yang telah saya buat. 













selanjutnya setelah Eclipse terbuka, kita akan melakukan mengInstall ADT Plugins di Eclipse. di tahapan ini, anda harus menyiapkan pulsa modem anda, dan yakinkan PLN agar tidak memadamkan listrik rumah anda.. haha. (*becanda) .. intinya siapkan koneksi Internet anda. 

oke, untuk menginstall ADT Plugins, klik Menu Help lalu pilih Install New Software

 


     













    di menu Install New Software, langsung klik Add. kemudian anda akan masuk ke menu Repository, di menu Repository masukkan nama ADT Plugin di Field Name dan masukkan alamat https://dl-ssl.google.com/android/eclipse/ di field Location. setelah itu klik Ok. tunggu proses sampai selesai.
















    setelah proses selesai, maka anda akan mendapatkan plugins Developer Tools, langsung di Ceklist semua, agar kita mendapatkan paket full Plugins dari ADT Android. kemudian klik Next, tunggu proses sampai selesai.

    setelah proses selesai, maka klik Next, kemudian anda harus menyetujui License Agreement dari Android untuk melanjutkan proses Instalasi. selanjutnya klik Finish. 

















    tunggu proses instalasi sampai selesai.

      

    setelah proses instalasi selesai, restart eclipse anda. dan karena proses instalasi ADT ini selesai, selesai juga tutorial Part.1 kali ini, next kita bakal mengInstall SDK Android, cek di list tutorial dibawah untuk menuju tutorial berikutnya. See Ya..

    List Tutorial:
    1. Tutorial Augmented Reality Android Part 1: Getting Started
    2. Tutorial Augmented Reality Android Part 2: Installing SDK
    3. Tutorial Augmented Reality Android Part 3: Creating Android Virtual Device
    4. Tutorial Augmented Reality Android Part 4: Building The AR with NyarToolkit

    4 komentar:

    ayo master, makin penasaran nih,,.. :D

    lha itu udah selesai tutorialnya, cek di List di Tutorial.. cuma ada 4 Part. selamat mencoba. :)

    dari link yang dikasih, download SDK nya yang mana ya?

    kita juga punya nih jurnal mengenai Augmented Reality silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1173/1/50407330.pdf

    Post a Comment

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More