Buku Augmented Reality With ARToolkit

Buku Augmented Reality With ARToolkit
Dapatkan Segera

Leave Comment


ShoutMix chat widget

Monday, June 18, 2012

Tutorial Augmented Reality Android Part 4: Building The AR with NyarToolkit

Hello you Lads, selamat datang di A.R.T - ini adalah tutorial terakhir AR Android, dan akhirnya setelah melewati setting Android yang lama di Eclipse, kita sampai di bagian yang paling penting dan paling ditunggu, yaitu kita akan membangun AR Android dengan Library NyarToolkit.

tapi sebelumnya, saya beranggapan kalian sudah mendownload library Nyartoolkit yang sudah saya kasih link-nya di Part Pertama, jika belum didownload, silahkan kembali ke Part Pertama dan Download Library NyarToolkit >> Tutorial Augmented Reality Android Part 1: Getting Started

buat yang bingung saya download library Nyartoolkit versi ke berapa?, saya mendownload Nyartoolkit versi NyARToolkit_Android_v3.0.0-1os2.1.zip, anda bisa mendownload versi yang sama dengan kami.









setelah didownload ekstrak semua file, kedalam harddrive anda. selanjutnya, projek dari nyartoolkit kita import kedalam Eclipse. caranya, klik file > Import






















di menu import, kita pilih Root General, kemudian pilih Menu Root Exiting Project into Workspace


















klik Next, kemudian Browser Projek NyarToolkit yang sudah anda ekstrak tadi. dan jangan lupa, untuk memberi tanda cek list Copy Project Into Workspace, selanjutnya klik Finish

setelah proses import library selesai, anda akan mendapatkan full library seperti ini:














tidak ada pengaturan apa-apa disini, untuk menjalankan library, klik kanan root library Nyartoolkit paling atas, NyARToolkit_Android_v3.0.0-1os2.1 lalu pilih Run As > Application Android


















saat dijalankan, dia tidak keluar apa-apa, hanya gambar kotak hitam, dengan latar gambar catur. tidak masalah, itu dikarenakan AVD tidak punya fasilitas support ke Kamera.

















untuk menginstallnya ke Device Android anda, colokkan Android anda dengan USB, lalu tunggu sampai Eclipse mendeteksi Android anda. saat Android anda sudah terdeteksi, jalankan lagi Run Application, nanti secara otomatis AR Android anda akan terinstall di Device Android anda.

tunggu sampai proses instalasi selesai, nanti secara otomatis kamera akan muncul di Android anda, nah langsung deh arahkan kamera anda di Marker Kanji atau Hiro, maka akan ada Animasi AR Robot Android. Selamat anda berhasil membuat AR Android. (^0^)
Yappp.. Sekian tutorial AR Android dari saya, semoga membantu dan memberi pencerahan, pengembangan masing-masing yah, saya hanya menunjukkan jalan saja. :) 

11 komentar:

Pass selesai import ko muncul pesan error OpenGL..
NyARToolkit_Android_v3.0.0-1os2.1] Unable to resolve target 'android-7'

ada kah tutorial tentang marker??

Codingnya gmana tu master??
truzz bagai mana bisa terdeteksi bahwa kotak hitam yang di buat itu marker??

mohon pencerahann buat TA .. n_n

kurang lengkap gan... ane masi bngung

gan android ane kg ga di deteksi ma Eclipse ???

hasil akhir bisa di jadiin .apk ngga??

codingnya donk gan :D
kayaknya baru smpe install aja nih hehe

itu cara masukin markernya gmana gan

udah tak coba dijalannin tapi bilanya eclipse kalo library g bisa dijalankan, harus ada perintah lebih lanjut....

kurang jelas gan, kodingnya masa gak ada ya?

Augmented Reality refers to using a computer to modify or mediate a person's perception of the real, physical world with useful information.

Virtual Reality Museum

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More