Buku Augmented Reality With ARToolkit

Buku Augmented Reality With ARToolkit
Dapatkan Segera

Leave Comment


ShoutMix chat widget

Saturday, June 16, 2012

Tutorial: Augmented Reality dengan FlarToolkit Part 2 - Building The AR

hello guys.. kita ketemu di tutorial FlarToolkit Part 2. buat yang belum baca Tutorial pertama saya SANGAT SARANKAN untuk membaca dulu Tutorial yang pertama, karna di tutorial ini tidak saya jelaskan lagi. Okeh, langsung saja, di tutorial kedua ini kita akan membangun AR dengan Flartoolkit, tapi First of All gak ada salahnya kita eksplor dulu contoh-contoh AR dari Flar Manager.

Ok.. What I Must to Do Now??, well setelah kita berhasil mengInstall Library Flar Manager langkah selanjutnya adalah anda harus men-Print marker yang disediakan flar manager, buka folder FLARManager_v1_1_0\resources\flarToolkit\patterns - kemudian print ke-12 marker yang tersedia.

selanjutnya setelah marker di print buka lagi Flash Builder kita, dan sekarang kita mencoba mengCompile Flar Manager. sekarang di Package Explorer  buka root Src > Default Package > FlarManagerExampleLauncher.as

















ketika file FlarManagerExampleLauncher.as dibuka maka anda akan mendapat barisan source code action script. nah.. sekarang coba klik tombol Play (*saya lingkari di Gambar) yang ada di menu bagian atas.















selanjutnya, saat kalian compile maka akan terjadi 3 Error, Hey What The Hell..!! - sabar om, kesalahan bukan terjadi dari si Programmer, tapi kesalahan terjadi karena HTML Template belum dibuat, makanya kita akan membuatnya Templatenya dahulu. Caranya Gimana? caranya dengan klik kanan dibagian Error lalu pilih Recreate HTML Templates










setelah HTML dibuat maka anda akan dialihkan di browser yang anda pakai. kemudian jika anda menemukan Camera Access, langsung saja klik Allow.. kemudian, arahkan Marker yang sudah anda print, maka anda akan mendapatkan Mario Bros di AR anda.
















Horeee Berhasill.. sekarang anda bisa bermain AR dengan FlarToolkit. tunggu tutorial selanjutnya, kita akan gunakan objek sendiri untuk bermain FlarToolkit. Thank You for Reading, and Gud Luck..!!

List Tutorial:
  1. Tutorial: Augmented Reality dengan FlarToolkit Part 1 - Instalasi Library
  2. Tutorial: Augmented Reality dengan FlarToolkit Part 2 - Building The AR

11 komentar:

can't wait for tutorial part 3 :)

Jika muncul pesan pas klik tombol play :
Exception: Invalid project type: .actionScriptProperties

salah dimananya ya? saya menggunakan flash develop.

mas bisa menjelaskan cara kerja atau memberikan saran untuk memahami bagaimana proses/cara kerja konversi marker yang digunakan dalam IN2AR smpai bisa dikenali oleh library IN2AR
maaf nnya bukan di post ttg IN2AR
trimakasih sebelumnya

saya belum nyoba in2AR tapi yang jelas file marker in2AR itu berekstensi .ass - dan hanya bisa dibuat oleh In2AR nya sendiri. mungkin bisa tanya ke Adobe User Grup indonesia atau ke forum In2AR. :)

Mas, saya coba buat pake FLash dan berhasil muncul 3D-nya.
Kemudian saya buat objek dgn 3Dmax dan diexport file 3Dnya dlm format collada *.dae. saya load pake FLAR dan jadi.

kalo mau buat "animasi" objek 3D, apa animasinya di buat di dalam 3Dmax dulu dan di export ke *.dae?
apa animasinya sudah harus ada di dalam collada *.dae lalu objek bisa bergerak?

Terima kasih b4 ..

hemm.. saya kurang tau kalau 3DSMax. tapi kalau blender bisa. Animasi karakter yang dibuat pake Rigging bisa ke Eksport. cek di link bawah ini untuk referensi.,

https://sites.google.com/site/makehumandocs/blender-export-and-mhx/collada-import

gan aku mau nanya nih, misalkan mau objek yang dimunculkan itu selain mario bisa gak ? trus caranya gimana ya ?

#maklum newbie (_ _)

mas saya sudah coba sesuai dengan tutorial, tp ketika di alihkan browser yang saya pake (saya pake firefox 16.0.2) tidak ada respon apapun. artinya tampilan browser hanya ngblank

tambahan lagi, di PC saya sudah terpasang webcam, tp tidak terdeteksi saat di tekan tombol play , mohon pencerahannya mas ?

mana nih tutorial part 3 nya??

kak tutorial selanjutnya untuk pake object sndri nya mana?.... :D

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More