Buku Augmented Reality With ARToolkit

Buku Augmented Reality With ARToolkit
Dapatkan Segera

Leave Comment


ShoutMix chat widget

Thursday, May 27, 2010

Tutorial ARToolkit Part 1: Installing and Testing ARToolkit

Assalamualaikum Wr.Wb

Dikarenakan Ebook AR saya di tuduh pembajakan oleh mediafire, padahal saya sendiri yang membuat ebook AR itu. tapi mungkin, mediafire memang sangat keteraluan dalam memerangi pembajakan hak intelktualitas, tanpa kontrol dan pemberitahuan yang akhirnya berdampak ke orang yang salah. Untuk itu, saya menulis ulang tutorial Augmented Reality dengan ARToolkit, karena banyak teman-teman yang lain meminta.

1. Persiapan
Untuk membangun Augmented Reality dengan ARToolkit caranya sangat mudah, dibandingkan dengan library AR lainnya. yang kita perlukan hanyalah ARToolkit Library, Visual C++, Adobe Photoshop, dan 3DSMax atau Blender 2.47.

Khusus untuk ARToolkit anda bisa mendapatkannya DISINI

Setelah didownload, Ekstrak ARToolkit di Drive Komputer anda yang masih kosong. minimal anda harus mempunyai space 1Gb. Lha Kok??, ARToolkitnya aja cuma 60Mb?? Itu dikarenakan terkadang kita suatu saat bisa saja menggunakan banyak objek 3D yang mempunyai size yang sangat besar, jadi untuk jaga-jaga persiapkan space harddisk anda dengan baik.

Untuk Visual C++, Adobe Photoshop, dan 3DSMax dan Blender 2.47, anda bisa mendapatkannya di situs resmi masing-masing. anda bisa membeli lisensi produk mereka, atau menggunakan free license untuk mahasiswa, silahkan anda searching sendiri bagaimana mendapatkannya.

Persiapan selanjutnya adalah kita menyiapkan hardware pendukung ARToolkit. untuk PC, tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi, Processor setara atau lebih dari Intel Pentium 4 3.0Ghz, dengan Ram Minimal 1Gb, VGA Minimal AGP 128Mb, Printer dan Webcam Minimal 3 - 5 Mbps.

2. Installing dan Testing
Setelah persiapan selesai, langkah selanjutnya adalah kita mencetak marker atau penanda AR. penjelasan lebih lanjut tentang marker, nanti akan dijelaskan di Tutorial ARToolkit Part 2: Membuat Marker. Untuk mencoba marker ARToolkit, anda bisa mencetaknya dari folder //ARToolkit/Patterns/

Silahkan buka file pattHiro.pdf dan pattKanji.pdf dengan Adobe Reader atau PDF reader lainnya. kemudian, print kedua marker tersebut. Ingat, jangan rubah ukuran markernya, dan jangan juga save image gambar marker dibawah ini. gambar dibawah hanyalah sample, biar kalian tidak bingung.

 










Jika sudah di Print, Selanjutnya aktifkan web cam kalian, lalu buka folder ://ARToolkit/Bin/ .. kemudian coba double klik simpletest.exe, apakah hasilnya??.. jika anda baru mendownload ARToolkit, maka akan keluar warning seperti ini:

 











Kok Bisa gitu??.. Jelas dong, ARToolKit-2.7.1-bin-book tidak disertai dengan library C++ yang dibutuhkan untuk menjalankan AR. jadi gimana dong?.. tenang sudah saya siapkan library-nya, silahkan anda download disini, kemudian copy-paste ke folder ://ARToolkit/Bin/

Sekarang, Persiapan sudah selesai tinggal kita testing AR dengan ARToolkit. silahkan kembali ke ://ARToolkit/Bin/ dan jalankan simpletest.exe, lalu arahkan marker Hiro ke kamera anda, apa yang terjadi. selamat mencoba:

 








List Tutorial:

71 komentar:

Apa harus pake 3dSmax 7, kalau 3DS max 8,9, gimana boss?

pake 3DSMax mana aja bisa,,,
pake linux harus gunaiin ArToolkit Linux

Anggi

di win7 gak bisa om...???
untuk kamera, semua jenis webcambisa gk om? apa webcam tertentu aja..??

salam kenal & thanks banget buat share tutorial AR nya :)

klo bkin Game pke ARToolkit bisa ga Bos ?
pke bhsa Pemprog apa nc ??

@Mas Wahyu:
Windows 7 untuk SimpleVrml kayak na ga bisa.. tapi klo km download OpenVrml yang terbaru, mungkin saja. saya masih menggunakan XP seh, masih nyaman.. hehe

@Azmi's:
bisa aja seh..
temen saya buat game Puzzle pake ArToolkit. bahasa pemograman C, yang digunakan.

kasih tutorial AR Game-nya dunk Bos
yg simple aja dh
buat belajar...

sipp.. entar sy posting bikin game AR Puzzle sederhana ya.. ;) ditunggu ja..

jikalau pembuatan objek dengan menggunakan open source application seperti blender, apa ada yg harus diperhatikan secara khusus?

Saya sebenarnya belum pernah memakai blender. tapi pada intinya, jika blender bisa men-export file 3D menjadi file Wrl, mungkin bisa.

gan, ane make win 7, harus install openVrml ya ?
share link donlotnya donk gan,
oh ya, nanti hasil compilenya dalam bentuk apa gan ?

file.exe ato apa gan ?

Cara compiling udah saya posting di artikel baru.. silahkan di cekidot aja..

buat tutorial tuk gamenya ato animasi donk....

buat game belum bisa..
yang animasi sudah ada..
di check aja disini:

http://belajar-ar.blogspot.com/2010/09/tutorial-sederhana-membuat-objek-3d.html?showComment=1298431223990#c3122669087377809723

mw tanya,
cara bikin pattern sendiri gmn caranya ya??
kalo yg dari tutorial kan pake tulisan hiro didalam kotak kan??
bisa diganti sendiri??
thanx...

cara buat marker masuk ke content ini:
http://belajar-ar.blogspot.com/2010/11/belajar-augmented-reality-untuk-pemula.html

http://belajar-ar.blogspot.com/2010/11/tutorial-membuat-marker-ar-dengan.html

basicly, marker ARToolkit harus berbingkai hitam, untuk gambar ditengah, boleh apa aja.. warna maupun hitam-putih..

salam kenal...
artikelnya di encrypt yah,boleh minta passwordnya ga....

lha itu kan sudah saya kasih passwordnya..
diatas video tutorial itu..

mr.ronaldazuma@2000

gak bisa ya??

mas biar filenya jadi swf bisa g ya mas bukan exe . caranya gmana ? thanks

kok ga ada link videonya ya?

Donni: saya belum tau merubah file swf menjadi Exe. :)

Erry: Link Videonya ada di Youtube. jadi downloadnya via you tube downloader, atau pake internet download manager juga bisa. dicoba aja.. :)

mas, saya sudah coba di laptop pake windows xp, tapi pas running ga muncul objeknya di atas markernya.. knp ya?

oia, marker yang saya print itu yang pdf atau jpg?

thank's before...

Solusi masalah kamu ada disini:
http://belajar-ar.blogspot.com/2011/10/troubleshoting-objek-3d-tidak-keluar.html

(>,<)"
paman giiiieeeee...

aq dah tes ARtoolkit, tp keluar tulisan gini di konsolnya..

argl error : openGL balbalbalbalbalbla.. insufficient rectangle texture..

kenapa yaah?.. apa vga nya??..

bisa jadi VGA kamu,.
coba install ulang atau update drivernya..

mapping bisa di jadikan AR tidak?tolong dong tutorialnya

klo pake google sketchup bisa gak ?
caranya gmn?

kalo google sketchup support WRL bisa.

permisi paman gie, mau nanya passwordnya apaan ya paman? mohon pencerahannya..

mas, mau tanya, bukunya terbit di gramed gak?

mas cara jalanin artoolkitnya gimana ya? bingung saya :(

om anggi, liat deh om.
http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=9c6W4CCU9M4#!

hahaha.. keren yah..
teknlogi seperti itu lagi dikembangin sama Google, kabarnya. :)

gan password e-book tutorial apa ?

itu kan ada di postingan..
coba dibaca lagi yah postingannya. :)

Paman, ARToolkit yang bisa diunduh ini versi berapa ya?
Terima Kasih :)

mas, openvrml bisa nggantiin simplevrml?cara pakainya sama? boleh minta link download sama tutorialnya?

OpenVRML ngecoding lagi ..
codingnya bisa diambil di folder Example di library ARToolkit

mas anggi saya beli bukunya yg AR with ARToolkit, di sana disebutkan bisa digunakan windows7, tapi di ebook yang saya donload dibing no vista or seven.
sedangkan dibuku gak ada panduan instalingnya..
mohon pencerahannya..
maaf saya masih newbi nih..
mohon pencerahannya..

yang di Ebook itu Out of Date.
yang dibuku itu baru Up to Date.

memang terkadang ARToolkit Crash di Win7
nah kalo misalnya terjadi, di Compile Ulang pake Visual C++ 2008
baru bisa jalan. :)

koq pas di jalanin simplevrmlnya malah ngk bisa,, "simpleVRML.exe has stopped working"

mas saya baru mau coba nih pake AR,buat installasi windows 7 ada ga?soalnya saya pake windows 7,yg saya liat dr installasi itu cuman bisa xp.mksh mohon dbls ya :D

bisa dijalanin di seven..
itu tulisan saya udah out of date
belum diperbaiki

Oh mana ya tutorial buat windows 7?atau sama aj sma tutorial dats?blh mnta email ato apa gt mas,mau nanya" gt :D

mas kalo file 3xd nya bisa di jalanin di web php based ga? trus klo bisa, apa bisa di konekin ma sql..thx

om.. atau siapapun.. ada yg pernah bikin Artoolkit jd plugin atau aplikasi di Android ga?
minta linknya dong.. Buat skripsi yang GILAAAA...

om link ebook nya relink lagi dong. uda ga bisa di download tuh

gan saya pakek windows 7 tp kok gak bisa ya simpleVRMLnya ?
pas sesudah milih ok malah gak keluar webcamnya malah langsung keluar cmdnya
ada yang bisa ngasih solusi

kalo mau belajar AR harus nguasain bahasa pemrograman apa ya?
trus setiap tool2 seperti metaioa, Artoolkit itu semua hanya framework saja apa menggunakan bahasa pemrogramamn?
makasih sebelumnya :)
dari jogja menyapaa,,

intinya setelah gw coba ARToolkit di Windows 7 itu gak bisa... Sueee. -__-" ktanya bisa klo di compile ulang, tapi gw gk ngerti ngompilenya gimana.. hiks hiks.. mohon dibantu (itu yg gw dapet hari ini)

gan gmna caranya convert collada (.dae) ke .wrl sya mmbangun ARToolKIT pke google sketchup tulung pencerahanny..

gan mau tnya dng vsual c++ slaen buat coding buat apa lg y kegunaannya d dlam artoolkit?

gan setelah ane mempraktekan step by step tutorial diatas kok ane ga jalan ya?
setelah run simpleVRML cmd nya langsung ilang dan ga terjadi apa2, sebelum cmd nya ilang sempet ane skrinsut tuh, muncul tulisan gini:
http://2.bp.blogspot.com/-xMVt4fe3ecc/UUHEr14GnfI/AAAAAAAADuU/wdaU0Fd4WzQ/s1600/masalah.jpeg
dibantu ya gan ane dah buntu ngt nih :(

gan, blog nya bagus. makasih ya gan, sukses terus buat agan

gan masukkan untuk windows 7 untuk folder wrl di masukkan di dalam folder bin. saya bisa ko jalanin di windows 7

haddad
gmail : hadta.muhammad@gmail.com

mas saya donlot Artoolkitnya kok beda banget sm tutorial di atas, Arnya di extract, tp yang ada malah installer, trus ane install, tp kok isinya malah g mirip sama skali,gm tuh gan???

gan, kok dari libnya masuk dll semua?-_-

gan, kok udah saya install tapi ga ada folder ://ARToolkit/Bin/ ya?

gan, saya pake model dari google sketchup, saya convert jadi WRL dari google sketchup. tapi ga muncul ya objek 3dnya? dugaan saya kegedean, saya ga tau gimana bikin 3dmodel kecil

gan ane make windows 7 x86 abis install artoolkit ane cek kok ga isi simpletest.exe di bin nya gan?
terus cara download gambar nya gimana gan biar lancar cobanya gan mohon pencerahannya..
makasi gan sebelumnya..

gan kok stlah download master artoolkitnya mau di extract malah muncul pesan error, itu masalahnya apaan..?

This comment has been removed by the author.

kok abis di instal muncul tulisan : The program can't start because MSVCR71.dll is missing from your computer. ....." Trus udh diinstal ulang tapi sama aja. Itu kenapa?

Gan saya serius nih mau bljr AR... saya mau buat kenang2an utk kantor saya...

saya eror bagian buka simpletest.exe padahal library udah di download dan di copy ke bin

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More