Buku Augmented Reality With ARToolkit

Buku Augmented Reality With ARToolkit
Dapatkan Segera

Leave Comment


ShoutMix chat widget

Saturday, June 11, 2011

Tutorial ARToolkit Part 4: Manipulasi Marker

Assalamualaikum..

Apa kabar semua?.. sudah lama saya tidak posting di blog ini, dikeranakan sibuk mengajar di kampus. Ok ditutorial kali ini kita akan membuat manipulasi marker dengan photoshop. beberapa minggu yang lalu banyak bertanya kepada saya, agar marker itu tidak kelihatan seperti marker alias tidak terlihat lagi seperti marker. seperti yang dicontohkan gambar dibawah ini:

















Sebenarnya tehnik manipulasi marker ini, saya pakai saat skripsi AR brosur saya. karena pembimbing saya menuntut agar marker tidak terlihat lagi didalam brosur. pertamanya, saya agak sedikit bingung bagaimana membuatnya, akhirnya saya menemukan gambar dibawah di Google:


























Digambar tersebut, saya melihat Jendela didinding tersebut berbentuk square atau kotak dan berwarna hitam. akhirnya saya berfikir untuk mengedit gambar tersebut di photoshop. agar bisa dijadikan marker, dan akhirnya saya berhasil membuat manipulasi marker. bagaimana tahapannya, ikuti langkah dibawah:

1. Save, Gambar Mobil dan Jendela diatas, lalu buka di Photoshop. (Saya Gunakan Ps Cs5)
2. Selanjutnya Buka Menu Filter > Filter Gallery
















3. Lalu buka Menu Artistic dan Pilih Dry Bush, lalu atur Parameternya seperti gambar dibawah:










4. Jika Berhasil Akan Terlihat Seperti Ini:

















5. Selesai. Sekarang Coba Kamu Gunakan Mk_Patt.exe untuk membuat Gambar Tersebut Jadi Marker. Pasti bakal terbaca jadi Marker, dan bisa digunakan di simplevrml.exe

Nb: Maaf Saya Kehabisan Tinta Print, Demonya Menyusul Yah.. hehehe.


Selamat Mencoba
A.R.T




List Tutorial
  1. Tutorial ARToolkit Part 1: Installing and Testing ARToolkit
  2. Tutorial ARToolkit Part 2: Membuat Marker
  3. Tutorial ARToolkit Part 3: Multi Marker 
  4. Tutorial ARToolkit Part 4: Manipulasi Marker
  5. Tutorial ARToolkit Part 5: Texturing Objek
  6. Tutorial ARToolkit Part 6: Texturing Multi-Sub Objek
  7. Tutorial ARToolkit Part 7: Membuat Augmented Reality Sound dengan ARToolkit
  8. Tutorial ARToolkit Part 8: Exporting WRL Dengan Blender

11 komentar:

maaf mas A.R.T,
waduh kenapa komen saya dihapus ya?
saya tunggu tanggapannya koq malah dihapus..

komen/pendatap pribadi saya ttg kalo dengan marker seperti diatas akan menghasilkan pembacaan marker yg lemah, akan gampang salah membaca marker nantinya mas,
http://www.hitl.washington.edu/artoolkit/documentation/images/userstartup2.jpg
http://www.hitl.washington.edu/artoolkit/documentation/images/diagram.jpg



kalo mau markerless (image), mas bisa coba QCAR atau IN2AR.

Kalo komentar saya ini memang mengganggu dan berkesan sok tau, ya maaf.
saya hanya ingin meluruskan.
Terima kasih.

Yang menghapus siapa yah?
Saya gak menghapus komentar siapa-siapa loh..
ini aja, baru buka blog kok. :)

Marker diatas hanya solusi. memang lemah saat dibaca. apalagi, buffer ARToolkit yang kecil. Jika ingin dipakai silahkan, tetapi jika ada solusi yang lebih baik juga silahkan. saya hanya berbagi pengalaman saat skripsi aja. :)

saya kemarin post komen,
saat tadi mau cek apa ada tanggapan, eh malah gak ada.
padahal saya liat kemarin post terbarunya ya post ttg photoshop ini, blum ada postingan baru selain post ttg photoshop ini.
jadi saya kira dihapus, karena ke sok tau-an akan komen saya.

Mungkin hanya salahh paham saja, maaf deh kalo emang tidak ada yang hapus komen saya itu.

Terima kasih juga sudah mau berbagi pengalaman, sharing itu yg terpenting. :)

iya.. mungkin komennya tidak masuk, karena efek pergantian layout baru. maaf yah.. blooger memang terkadang suka ada masalah. hehe. :D

Owh ok mas,,
saya yg minta maaf :)

Keep sharing mas.

Sore pak Anggi, mau nanya cara menjalankan langkah ini gimana ya? bisa minta tolong penjelasannya lebih detil.

5. Selesai. Sekarang Coba Kamu Gunakan Mk_Patt.exe untuk membuat Gambar Tersebut Jadi Marker. Pasti bakal terbaca jadi Marker, dan bisa digunakan di simplevrml.exe

saya sudah menjalankan Mk_Patt.exe, terus muncul 1 jendela command prompt terus ada pertanyaan Enter Camera Parameter Filename :

Nah, itu yang diisi nama file atau apanya? saya coba isi C:\test1.png, semacam ada reaksi yaitu muncul jendela property form properties, pilih ok terus muncul webcamnya nyala dan ada 1 jendela C:\ARToolKitSy\bin\mk_patt.exe yang isinya tulisan angka 000000 33330000000000....(banyak sekali), terus saya esc.

Mohon penjelasannya, terima kasih.

mmm.. baca dulu tutorial yang Part 2, cara membuat marker, pasti tau bentuk formatnya. .. :D

sebenarnya saat di arahin markernya, kita tulis formatnya menjadi patt.nama_marker bukan format png. :)

sebelum nya.. terimakasi BUAT si OM..
dah buat ne blog berguna banget buat skripsi ane...
TQ OM sekalilagi..

om om tanya..
kalo tekstur dari VIRAY ga kebaca ya om??
misal saya pake vraymtl.. itu ga bisa..
mesti pake yg setandar..y

terus..
ko objek yang aku masukin bentuk nya ada yg amburadul.
contoh..
aku masukin objek monitor.
eh tau tau bentuknya kaco..

oya ada ga infoo buat tutorial misala kan masukin evek" lain.
kaya pas aku liat di youtub objek bisa berjalan ngikutin arah marker..
ato mungkin efek lainya...

mohon wangsit nya om anggi..ato ada temen yg punya info..
terimaksih... :)

saya jawab satu2 yah. :)

1. VRAY itu cuma fasilitas Rendering, jadi gak akan bisa dipake untuk digunakan di AR. tapi VRAY bisa digunain untuk dipakai sebagai Marker.

2. Kalau masalah Objek Amburadul saat dirender di Lib ARnya, misal di ARToolkit. Objeknya sebelum dieksport, di Attach dulu jadi satu, caranya? searching di Google, banyak tutorialnya.

3. mungkin maksud kamu Interaksi. kalo itu, kan udah ada tutorialnya di Blog saya, di tutorial Controlling Objek jadi kita bisa mengendalikan objek dengan marker.. silahkan dipelajarin yah. :)

ow di atack.. ok ok
terimakasi pencerahanya..

biar saya coba dulu no 3 nya tq

sore pak anggi,, kok tutorial part2 cara membuat marker gak bisa dibuka ya??
trus saya mau tanya, menampilkan animasi pada marker gimana y pak ?
di 3d max sudah ada animasinya trus pas mau ditampilkan dimarkernya animasinya gak jalan, mohon bantuannya ya pak ??? makacih

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More