Buku Augmented Reality With ARToolkit

Buku Augmented Reality With ARToolkit
Dapatkan Segera

Leave Comment


ShoutMix chat widget

Friday, June 15, 2012

Tutorial: Augmented Reality dengan FlarToolkit Part 1 - Instalasi Library

A. Kenalan Dengan FlarToolkit

Hello Lads.. Selamat datang di Blog A.R.T, pada tutorial kali ini saya akan memandu kalian bagaimana membuat AR berbasis Web dengan FlarToolkit. sebenarnya saya sudah lama ingin membuat tutorial ini, tapi baru ada kesempatan dan waktu sekarang.. hehe..

buat yang belum tau flartoolkit, akan saya jelaskan sedikit deskripsinya. FlarToolkit adalah Library AR yang diciptakan oleh ilmuwan Jepang bernama Saqoosha, tapi patut digaris bawahi, Flartoolkit Bukan Turunan dari ARToolkit, Saqoosha murni menciptakan FlarToolkit sendiri tanpa kerja sama dari ArToolkit. 

FlarToolkit sendiri library yang menggunakan basic bahasa Action Script untuk pengembannya, buat yang sering ngedevelop program dengan Flash, pasti sudah familiar dengan bahasa ini. tapi buat yang belum mengerti bahasa Action Script, saya sarankan untuk mempelajarinya terlebih dahulu dari buku-buku yang ada, agar terbiasa dengan coding Action Script. 

kemudian untuk kelebihan FlarToolkit sendiri adalah, kita bisa membuat AR berbasis Web, jadi AR kita bisa diakses kapan saja di Internet. biasanya AR dengan FlarToolkit digunakan untuk melakukan promosi barang, acara, atau sekedar hiburan.

B. Kebutuhan Hardware dan Software

kemudian apa saja yang dibutuhkan untuk membangun AR dengan Flartoolkit?. well, saya mulai dulu dari kebutuhan hardware. awalnya saya mendevelop dengan komputer seadanya, saya gunakan komputer dengan spek Intel Celeron 2.13 Ghz (*Setara Intel Pentium 4 - 2Ghz) dan dengan Ram 1GB, tapi  saat saya jalankan software developer yang akan saya gunakan untuk membangun AR dengan Flartoolkit ini, ternyata lemotnya Nauzubillah... kemudian saya pindah ke laptop dengan spek yang lumayan, Intel Core 2 Duo dengan Ram 2Gb, dan Alhamdulillah bisa jalan, dan lancar. jadi kesimpulannya, untuk membangun AR ini, anda harus punya komputer minimal dengan spesifikasi Intel Core 2 Duo dan Ram 2 Gb. 

dan untuk kebutuhan software, anda harus mendownload beberapa library dan software developer. untuk software developernya, saya gunakan Flash Builder 4.6 Premium, software inilah yang membuat lemot komputer saya yang Celeron itu, makanya saya sarankan gunakan komputer yang mempunyai spek tinggi. anda bisa mendapatkan trial selama 30 Hari dari Adobe untuk mendownload Flash Builder 4.5,

dan untuk library saya gunakan FlarManager. loh kok bukan pake FlarToolkit?, ya.. alasannya karena FlarManager lebih baik daripada FlarToolkit, dalam hal ini FlarManager adalah modifikasi dari FlarToolkit, kelebihannya adalah dia support dengan beberapa framework flash seperi Away3D, Papervision 3D, dll. dan juga FlarManager banyak example AR yg bisa gunakan untuk belajar. berikut list dan link downloadnya.
  1. FlarManager
  2. Flash Builder 4.6 Premium

C. Instalasi Library

setelah kalian download kedua link tersebut. saatnya kita lakukan instalasi library, pertama-tama anda harus mengekstrak Flar Manager di drive anda dimana saja, yang penting anda ingat dimana anda menyimpannya.

selanjutnya, setelah Flar manager di ekstrak, anda harus menjalankan Flash Builder 4.6 yang sudah anda install di komputer anda. dan ketika dijalankan, anda akan mendapatkan Welcome Screen Seperti ini:

selanjutnya, disini hal yang paling penting, dan jarang banyak yang tau. untuk melakukan instalasi Library FlarManager, klik FILE lalu pilih Import Flash Project, seperti ditunjukkan gambar dibawah.

kemudian, kalian akan mendapatkan kotak dialog Import Flash Builder Project. disini, kalian pilih Project Folder, lalu cari Flar Manager kalian, dimana kalian menyimpannyak, jika berpatokan dengan saya, saya menyimpannya di \Documents\FLARManager\FLARManager_v1_1_0 


jika sudah klik Finish, maka anda akan disuruh untuk memilih versi SDK yang akan dipakai. langsung saja kita pilih Default SDK, yang sudah terinstall otomatis dari Flash Builder.

tunggu sampai proses selesai.. jika kalian berhasil, maka kalian akan mendapatkan library Flar Manager sudah terinstall di Flash Builder kalian. seperti gambar dibawah ini:


Hore Berhasilll \(^o^)/ - sekarang kita sudah siap bermain dengan FlarToolkit. tunggu kelanjutan dari tutorial ini yah, next tutorial kita akan mencoba beberapa example FlarToolkit. I'll Be Seeinya.. Gud Luck..!!

P.S: Jika Gambar tidak Jelas, Klik Digambar untuk Memperbesar Gambar 

List Tutorial:
  1. Tutorial: Augmented Reality dengan FlarToolkit Part 1 - Instalasi Library
  2. Tutorial: Augmented Reality dengan FlarToolkit Part 2 - Building The AR

7 komentar:

itu adobe flash builder 4.6 premiumnya kan harus beli...
atau coba yang trial?
gmn cara download yang free edition?

pake flash developer bisa, yang gratisan.

kalo pakai flash developer lewat menu mana ya? saya sudah install tapi ga ada menu untuk Import Flash Builder Project. mohon petunjuknya.

nanti saya cari dulu yah.. saya belum pernah nyoba flash developer. okeh. :)

This comment has been removed by the author.

gan kalo multimarker di Flartoolkit gimana programnya ? hehe

pak, kalo pake flex sama flartoolkit enak mana buat belajar?

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More