Buku Augmented Reality With ARToolkit

Buku Augmented Reality With ARToolkit
Dapatkan Segera

Leave Comment


ShoutMix chat widget

Wednesday, June 13, 2012

Augmented Reality dengan Processing dan NyAR4psg Library Part 2: Installing Library dan Testing AR

helloo.. selamat datang ke tutorial Augmented Reality dengan Processing dan NyAR4psg Library Part 2, buat yang belum baca tutorial pertama, saya sangat sarankan untuk membaca tutorial yang pertama yaitu Augmented Reality dengan Processing dan NyAR4psg Library Part1 - supaya tidak ada pertanyaan yang tidak usah ditanya lagi, karna sudah dijelaskan di tutorial yang pertama. okeh..

pada tutorial sebelumnya, saya sudah jelaskan tentang alasan saya menggunakan Processing dan NyAR4psg untuk membuat AR di dekstop. maka pada tutorial kali ini, akan saya jelaskan bagaimana instalasi Library ARnya. well, untuk membangun AR ini, kita membutuhkan 4 utility, yang bisa anda download dibawah ini:
  1. Processing 1.2.1
  2. GSVideo 0.8
  3. NyAR2-20110305 
  4. Objloader
  5. Lib
pada awalnya saya menggunakan Processing terbaru yaitu versi 1.5.1 dan GS Video 1.0, tapi ternyata AR saya tidak jalan, terjadi bug sehingga kamera tidak keluar. setelah saya searching kesana kemari, baca sana baca sini, akhirnya saya baru tau ternyata masalah yang terjadi ada di GS Video 1.0 yang masih belum sempurna, kemudian saya iseng menggunakan GSVideo yang lama, yaitu versi 0.8, tapi tidak saya langsung coba di Processing 1.5.1 karna takutnya tidak bisa lagi, kemudian karna kepalang tanggung, saya juga download Processing 1.2.1 rilis tahun 2011 agar sama dengan GS Video 0.8 yang juga rilis tahun 2011, yahh.. harapannya bisa jalan, karena tahun versinya sama..hehe.. dan hasilnya.. Voilaaa.. AR saya jalan, tidak ada bug, dan semuanya lancar. akhirnya saya gunakan, versi tersebut. paling, hanya versi NyarToolkit dan ObjLoader-nya yang paling terbaru, yang lain saya gunakan versi 2012.

so.. cukup curhatnya, balik lagi ke masalah isntalasi di Library, bagaimana cara menginstall ke-empat library tersebut. gampang..ikuti tahapan dibawah..

1. pertama ekstrak Processing 1.2.1 di drive komputer mana saja, yang anda anggap aman, setelah diekstrak, double klik Processing, setelah layer Sketch keluar, maka coba cek di My Document, maka anda akan  mendapatkan Folder Processing disana. right?


2. sekarang, masuk ke folder processing dan buat folder dengan nama libraries - folder ini Wajib Dibuat karna nanti processing akan membaca semua library dari folder libraries


3. sekarang, didalam folder libraries, ekstrak semua GSVideo 0.8, NyAR2-20110305, Objloader dan Lib. sehingga ada empat folder seperti gambar dibawah ini. 

Note: gambar dirubah untuk memperbaiki error anticode sebelumnya. (*saya sudah menggunakan seven sekarang hehe. :p )



 4. nah untuk mengetest-AR anda jalan apa tidak, pertama-tama anda harus men-print marker Hiro dan Kanji yang ada di folder ..\NyAR2\data 


5. selanjutnya, buka Processing 1.2.1 anda, lalu klik open, kemudian buka folder NyAR2, lalu didalam folder buka lagi Folder Example, kemudian didalam Folder Example buka lagi Folder NyARMultiTest. kemudian open NyARMultiTest.pde

  

6. setelah dibuka,. maka anda akan menemukan barisan source code Java. tidak perlu di modifikasi terlebih dahulu, karena kita mempelajari dulu source codenya, baru kita modifikasi.sekarang,. langung saja klik tombol Run (Logo Tombol Play) di sebelah kiri atas. tunggu, sampai Processing membuka kamera, setelah kamera terbuka, arahkan Marker Kanji dan Hiro didepan kamera, maka anda akan mendapatkan AR Berbentuk Shape dan Box. 


yapp,. mudahkan.. dan sekarang.. selamat anda sekarang berhasil membuat AR dengan NyarToolkit. penjelasan tentang source code diatas dan bagaimana proses renderingnya, akan saya jelaskan di Part.3. ok guys, sampe ketemu di Part.3.. Gud Luck..!! 

P.S: Jika Gambar di Blog Tidak Jelas, Klik Saja Gambarnya Agar bisa di Zoom oleh Browser Anda.





9 komentar:

punyaku eror do "codeanticode" does not exist

paman gie, punya saya juga error codeanticode saya sudah download yang GSvideo versi 0.8 padahal. bisa minta bantuannya paman gie?

errornya sama yang di atas paman, codeanticode, padahal yang di instal dah sesuai yang paman deskripsikan di atas

buat yang error di anticode. silahkan download library ini:
http://www.mediafire.com/?8xprbnqbtzyt1ly

kemudian masukin folder libraries di document kalian, okeh. nanti bisa kok. :D - sory agak telat solusinya.

gan maksudnya ini gemana "kemudian masukin folder libraries di document kalian"

gan ane masih eror codeanticode, pdahal udah nambahin folder lib ke librariesnya, gmn nih?

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More