Buku Augmented Reality With ARToolkit

Buku Augmented Reality With ARToolkit
Dapatkan Segera

Leave Comment


ShoutMix chat widget

Tuesday, June 12, 2012

Augmented Reality dengan Processing dan NyAR4psg Library Part 1

HeLLLL..oOOO Lads.. sudah lama saya tidak posting tutorial AR baru disini, karena kesibukan setelah menjadi dosen, jadi gak sempet bereksperimen lagi dengan AR. Ok.. pada tutorial kali ini saya akan berbagi ilmu tentang membangun AR dengan Processing dan dengan Library NyAR4psg, but hey, what the is heck is that?,, mungkin dari judulnya dah serem, tapi tenang aja, ngebangun AR dengan Processsing dan Library NyAR4sg lebih mudah daripada ngebangun AR dengan ARToolkit, FlarToolkit, atau OpenSpace3D. 













kenapa? ada beberapa alasan saya senang dengan Processing dan Library NyARpsg ini, pertama, karena processing menggunakan bahasa Java, jadi pengembangannya bisa dijalankan di OS mana saja, dan bahasa Java juga mudah dimengerti daripada bahasa C++ di ARToolkit, ActionScript di Flar, dan Bahasa Scol di OS3D. bahkan walaupun anda bukan seorang programmer pun, bisa mudah menguasai AR dengan Processing ini. 

kemudian alasan kedua adalah, pengaturan (including library) sangatlah mudah, beda dengan FlarToolkit dan ARToolkit yang harus setting library ini, library itu, dll yang terkadang membuat ribet, dan susah digunakan.. 

alasan ketiga, Processing support format OBJ yang bisa dibuat di 2 Software 3D yang paling sering digunakan untuk AR yaitu 3DSMax dan Blender. jadi tidak seperti OpenSpace3D yang harus install Ogre Eksporter dahulu baru bisa dibangun ARNya.. 

alasan keempat, Processing dan NyAR4psg menghandle masalah yang sering terjadi di ARToolkit, FlarToolkit dan OpenSpace3D yaitu masalah Objek yang sering menghilang saat marker disorot kamera, atau objek yang tidak menghilang atau tidak bergerak saat marker menghilang atau saat marker bergerak, FYI masalah ini sering terjadi di 3 library tersebut.

alasan kelima, Processing ringan digunakan daripada menggunakan Eclipse. jadi buat kalian yang mempunyai komputer dengan spek dibawah rata-rata seperti saya..hehe, jangan khawatir, Processing ringan digunakan..

alasan keenam, AR dengan Processing bisa dieksport menjadi format Windows (exe), Format Linux dan Format MacOSx, jadi gak perlu cape-cape seperti ARToolkit yang harus membawa library untuk ngejalanin AR. 

dan alasan yang terakhir, dengan Processing gak perlu script panjang untuk ngebangun AR yang kompleks, seriusan?.. saya sudah buat AR Paddle Marker yang nanti akan saya demo dan saya sharing tutorialnya. tapi sekarang kita belajar dasarnya dulu, bagaimana instalasi librarynya dll. 

nah itulah berbagai alasan saya senang dengan Processing dan library NyAR4sg. btw, dari tadi saya nulis processing dan Library NyAR4sg terus? itu apaan seh?.. Processing itu seperti software developer dengan bahasa Java, Software ini sama seperti Visual C++, Eclipse, Notepad++, dan software developer lainnya. tapi bedanya, Processing digunakan untuk melakukan Image Processing, jadi kita bisa ngebuat Animasi 3D dan 2D dengan Processing, bahkan untuk buat game-pun bisa. 

kemudian apa itu NyAR4sg?? yapp.. NyaAR4sg adalah library turunan dari NyarToolkit yang dibuat oleh Ryo Iizuka, NyarToolkit sendiri dibagi 7 bagian Nyar Untuk Java, Android, C#, ActionScript 3, Silverlight 4, C++, and Processing. dan NyAR4sg yang akan dipakai kita nanti itu adalah, versi yang support dengan Processing.

Well.. Dimana saya bisa dapetin semua library itu?..gampang, Klik Disini Untuk Melanjutkan Tutorial..!!
See You in Next Tutorial Guys..!!


6 komentar:

ini bs digabungin sm interface gitu ga paman ?

gan minta tutorial Augmented Reality dengan ARtoolkit

cek daftar isi gan lain kali yah. :)

pke Processing bisa dimasukin ke hp android ga? (dijadikan apk)

gak bisa. kenapa gak pake Vuforia atau NyarToolkit aja, kan sama2 Java., :)

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More