Assalamualaikum Wr.Wb
Hallo, Teman-Teman A.R.T, selamat datang di Blog kami. Mungkin buat yang sering mengikuti Tutorial kami, kami pernah menulis bahwa Animasi Biped dan Rigging tidak akan jalan di ARToolkit. Tapi ternyata kami salah, dan kami minta maaf, setelah share dengan teman-teman di Forum A.R.T ternyata Animasi Biped dan Rigging bisa jalan di ARToolkit, dan kami sudah mencobanya, walaupun tidak rapih. hasilnya seperti ini:
Animasi Biped dan Rigging diatas masih tahap percobaan, jadi mohon maklum jika objeknya masih berantakan, itu dikerankan bukan masalah di ARToolkit, tapi di masalah kami, belum merapihkan objeknya di 3DSMax. jadi terlihat Objeknya masih kasar.
Mungkin kami, belum bisa Memberikan tutorial Biped dan Rigging di 3DSMax, tapi setidaknya kami akan memberi tutorial, bagaimana supaya Animasi Biped dan Rigging bisa Jalan di ARToolkit. Berikut Tahapannya:
Mungkin kami, belum bisa Memberikan tutorial Biped dan Rigging di 3DSMax, tapi setidaknya kami akan memberi tutorial, bagaimana supaya Animasi Biped dan Rigging bisa Jalan di ARToolkit. Berikut Tahapannya:
1. Anggap saja, kalian sudah menyelesaikan Animasi Biped dan Rigging
(Ps: Objek Diambil dari Buku "The Magic Of 3D Studio Max" Karangan Hendi Hendratman dan Robby)
2. Setelah Objek Selesai, Klik File > Eksport > Pilih Save Type: VRML97 (*.Wrl)
3. Atur Target Penyimpanan Wrl di ARToolkit\Bin\Wrl
4. Kalian Beri Nama Masing-Masing (Misal: Biped Test)
5. Setelah kita tekan Save, akan Muncul VRML97 Eksporter,
6. Di Menu Generate, Beri Tanda Checklist Berikut Ini:
> Normal
> Identation
> Primitives
> Color Per Vertex
> Coordinate Interpolators
> Eksport Hidden Object
> Flip-Book (TIDAK USAH DICHECK LIST)..
> Identation
> Primitives
> Color Per Vertex
> Coordinate Interpolators
> Eksport Hidden Object
> Flip-Book (TIDAK USAH DICHECK LIST)..
7. Setelah itu Tekan Ok.
8. Selanjutnya, Tinggal kalian Atur sendiri File .dat dan File .ObjectDataVrml yahh..
(Ps: Yang masih belajar ARToolkit, Kalian bisa Belajar Dulu Membangun AR dari Dasar di Blog ini)
9. Hasilnya Bisa, dilihat di Video Animasi Yang Masih Hancur Tersebut diatas.,. (Hahaha..)
Baiklah, sekian tutorial yang singkat ini. intinya, kami belum bisa memberikan tutorial biped dan rigging, karena masih belajar. jika kalian ingin belajar, kalian bisa membeli buku acuan kami:
Dan jika Kalian Berhasil Melakukan Biped dan Rigging, Hasilnya bisa Rapih Seperti Buatan temen Kita, Yaitu Buatan Wawan.
9 komentar:
Terima kasih Mas Anggi, berkat penjelasannya rasa penasaran saya sudah terpecahkan. Penjelannyanya sudah saya praktekan dan hasilnya cukup memuaskan
http://www.youtube.com/watch?v=evrZKKVMtX4
Wawan Supriadi
Sama-Sama Wawan..
terimakasih juga, sudah saling berbagi dengan kami..
Sukses Bro..
Oh ya saya juga berencana untuk mengembangkan ARToolkit ini, supaya lebih mudah digunakan seperti miliknya BuildAR, Insya Allah kalau berhasil, akan saya bagikan secara gratis
Ohh Gitu..
Yo Weis.. Semoga Sukses Bro..
Nanti Kami Juga Coba Build ARnya.. :D
Nice blog :)
Blajar banyak disini nih..hehe..
Btw,mau tanya..di movie kedua,karya Wawan,tulangan biped-nya kan masih kelihatan ya..ada opsi supaya tidak terlihat? Ato itu gimana modelingnya ya?
Thanks :D
Makasih Sezu..
tapi jangan baca posting biped yang ini, yang ini belum Jadi.
silahkan baca artikel Animasi Biped dan Ringging yang sudah berhasil, dan sudah jadi disini:
http://belajar-ar.blogspot.com/2011/07/ar-dengan-animasi-biped-dan-rigging_19.html
^ Ah iya betul..terlewat page-nya.. Terimakasih :)
Pertanyaan dong : kalo hal ini diterapin dengan nyartoolkit ( untuk java ) gmn ya? kok saya dah load objectnya, tapi animasinya ga jalan... yg muncul ya cuma si frame 1 itu T_T.. Thanks... Semoga situ taw T_T.
marker spy jd alas kakinya si objek nya gmn sih pngaturannya,,saya sudah di animasiin tapi si objek nya malah muncul didepan marker bkn di atasnya,,mohon pencerahannya trims
Post a Comment