Assalamualaikum Wr.Wb
Hallo Temen-Temen A.R.T, selamat datang di blog kami. baiklah ini adalah review progress kami melakukan testing Animasi Biped dan Ringging untuk ARToolkit. Well, sebelum saya lanjut, mungkin masih ada yang bertanya apa itu animasi biped dan rigging?. Ok, singkatnya, Biped adalah sebuah tool berbentuk tulang (seperti tulang manusia) yang bisa kita gunakan untuk menggerakan objek berkarakter, seperti manusia, hewan, robot, dll, yang membutuhkan animasi untuk bergerak, kemudian apa itu rigging? rigging adalah tehnik animasi yang bisa kita lakukan setelah kita melakukan biped pada objek.
Mungkin kami belum bisa memberikan tutorial Biped dan Rigging, tapi kami punya link dari Youtube yang bisa kalian gunakan untuk belajar Biped dan Rigging. silahkan sedot video dibawah..
Baik, sambil kalian mendownload video tutorial diatas, kami akan mereview progress Animasi Biped dan Rigging kami, Well. Objek Berjalan Lancar saat di Render. tapi Masalahnya, Biped masih terlihat saat dirender. padahal di 3DSMax sudah di Hide, tp masih kelihatan saat dirender.
Kami juga sudah Mencoba Berbagai Cara, Agar Tulang Tidak Kelihatan, Kami Buat Biped lebih Kecil Dari Objek, tp Saat Digerakan di 3DSMax, Objek Menjadi Hancur, karena Jika Bermain Biped dan Rigging, Biped Harus Lebih Besar dari Objek..
Jadi??.. Jika teman-teman ada solusi, silahkan komentar dibawah ini. Terimakasih.. :)
14 komentar:
Mas Anggi, Saya Wawan
Berhubung saya mengerti tentang cara kerja ARTolkit ini di web mas Anggi ini, saya ingin menyumbangkan sedikit pengalaman untuk kemajuan kita bersama.
Proses Biped, dan Rigging langsung dengan menggunakan 3D Studio Max, kelihatannya mudah, tapi kenyataannya sulit sekali, kalau tidak kulit yang tertinggal, maka kulit terpengaruh oleh bagian yang lain sehinga hasilnya aneh, Ditambah file BIP sangat terbatas jumlahnya. Ada cara yang sangat mudah dan lebih cepat yaitu sebelum menggunakan 3D Studio Max menggunakan DAZ 3D Studio. Hasil dari animasi 3D Studio ini di eksport pada file FBX. Hasil Export ini di Import ke 3D Studio Max dan mengeksportnya ke file wrl. supaya lebih jelasnya saya sudah membuat caranya di you tube
http://www.youtube.com/watch?v=SLrNPI7oehw
dan hasilnya adalah
http://www.youtube.com/watch?v=f_OVgSry4hU
Ohh gitu, ya nanti saya coba..
makasih ya, dah mau sharing..
Oia, tp kalo pake DAZ 3D Studio ini, gak bakal keliatan lagi kan Bipednya?.. karena kalo pake 3DSMax, masih keliatan pas dirender. :)
Pake 3D Studio Max juga Biped bisa disembunyikan kok, caranya klik biped, klik kanan pilih hide, atau yang lebih mudah klik objeknya, klik kanan kemudian pilih hide unselected
Nah Kalau pakai DAZ, sepertinya bukan biped yang dipakai melainkan Bones, tapi secara default bone tersebut sudah tersembunyi
Oh ya ada yang lupa
1. Bila menggunakan 3D Studio Max 2010, jangan menggunakan DAZ 3D Studio versi 3.0.1.144, tapi gunakan versi 3.1.1.73
2. untuk mendapatkan file jpg untuk skin, sebelum dieksport ke fbx, eksport dulu ke obj, secara default file jpg untuk skin akan tersimpan di folder map
Pake 3DSMax emang bisa di Hide bipednya, tapi pas dirender di simplevrml, masih keliatan bonenya. hehe. maksud saya, pake daz, dah gak keliatan lg kan tulangnya, kalo di render di simplevrml?. :)
di DAZ Biped sudah nggak kelihatan, silahkan lihat contoh yang sya buat
Ohh Gitu.. Sip Sip..
Langsung Dicoba..
Makasih Masbrow.. :D
Mas Anggi, Biped atau Bone di 3D S Max sebetulnya bisa di sembunyikan setelah di hiden pada perancangan, pada saat eksport ke vrml, EXPORT HIDEN OBJECT jangan di ceklist
ohhhh.. gitu..
ok.. ok.. langsung dicoba..
thanks masbrow.. :D
Woooo.. Berhasil mas..
makasih banyak yahh.. langsung di review..
Coba lihat hasilnya
itu dah saya posting di Tutorial yang Baru.. :D
Cool and I have a neat provide: What Do House Renovations Cost house renovation budget template
Post a Comment