Buku Augmented Reality With ARToolkit

Buku Augmented Reality With ARToolkit
Dapatkan Segera

Leave Comment


ShoutMix chat widget

SELAMAT DATANG DI AUGMENTED REALITY TEAM (A.R.T)

Kami Adalah Sebuah Tim Augmented Reality yang bergerak untuk mengembangkan AR di Indonesia. Blog ini dibuat untuk kita, saling berbagi, bertanya, dan berdiskusi tentang AR. Semoga Bermanfaat

SELAMAT DATANG DI AUGMENTED REALITY TEAM (A.R.T)

Kami Adalah Sebuah Tim Augmented Reality yang bergerak untuk mengembangkan AR di Indonesia. Blog ini dibuat untuk kita, saling berbagi, bertanya, dan berdiskusi tentang AR. Semoga Bermanfaat

SELAMAT DATANG DI AUGMENTED REALITY TEAM (A.R.T)

Kami Adalah Sebuah Tim Augmented Reality yang bergerak untuk mengembangkan AR di Indonesia. Blog ini dibuat untuk kita, saling berbagi, bertanya, dan berdiskusi tentang AR. Semoga Bermanfaat

SELAMAT DATANG DI AUGMENTED REALITY TEAM (A.R.T)

Kami Adalah Sebuah Tim Augmented Reality yang bergerak untuk mengembangkan AR di Indonesia. Blog ini dibuat untuk kita, saling berbagi, bertanya, dan berdiskusi tentang AR. Semoga Bermanfaat

SELAMAT DATANG DI AUGMENTED REALITY TEAM (A.R.T)

Kami Adalah Sebuah Tim Augmented Reality yang bergerak untuk mengembangkan AR di Indonesia. Blog ini dibuat untuk kita, saling berbagi, bertanya, dan berdiskusi tentang AR. Semoga Bermanfaat

SELAMAT DATANG DI AUGMENTED REALITY TEAM (A.R.T)

Kami Adalah Sebuah Tim Augmented Reality yang bergerak untuk mengembangkan AR di Indonesia. Blog ini dibuat untuk kita, saling berbagi, bertanya, dan berdiskusi tentang AR. Semoga Bermanfaat

Saturday, June 11, 2011

Tutorial Modelling Membuat Sofa dengan 3DSMax

Tutorial Membuat Sofa 3DSMax

Tutorial singkat 3DSMax ini akan dijelaskan bagaimana cara melakukan modeling sofa, yang mudah dan praktis, hanya dengan menggunakan box. Di tutorial ini juga akan dijelaskan fungsi penggunaan vertex, polygon dan efek mesh smooth di 3DSMax.

Tahap 1: Modelling 

1. Buka 3DSMax (Semua Versi)
2. Aktifkan tombol Box di 3DSMax.



















3. Kemudian Buatlah Box di layer Perpective dengan Ukuran, sebagai berikut:














4. Setelah Box selesai Dibuat, maka selanjutnya kita aktifkan dulu Mode Edged Face, agar kita mudah dalam melakukan modeling dengan sofa. Caranya, klik kanan tulisan perspective di layer perspective, lalu pilih Edged Face.










5. Kemudian, kita aktifkan tombol Arc Rotate untuk memutar kamera layer perspective ke arah bawah box. Perhatikan gambar dibawah:















6. Ok, setelah kamera diarahkan ke Bawah. Sekarang kita klik kanan objek Box, dan pilih Convert to: Convert to Editable Poly.

















7. Setelah di Convert jadi poly. Sekarang kita klik menu modify, dan aktifkan modus polygon. Supaya jelas, perhatikan gambar dibawah:













8. Selanjutnya, Tekan Ctrl di keyboard lalu, seleksi polygon-polygon dibawah box.













9. Setelah diseleksi, tekan Del di Keyboard. Supaya terhapus semua bagian bawah Box.













10. Sekarang masuk ke menu modify, dan klik modifier list, lalu pilih mesh smooth.


















11. Jika sudah ke Mesh Smooth, maka akan terlihat hasilnya. Kita sudah memiliki, pegangan Sofa. Kini kita sudah di 30% tahapan pengerjaan.











12. Ok. Kini kita sudah punya satu pegangan sofa. Sekarang supaya kita tidak cape ngebuat ulang. Cukup kita copy pengangan tersebut. Caranya, klik di objek sofa dengan tombol Select and Move, lalu tahan sumbu Merah, kemudian geser pegangan sofa sambil menahan tombol shift di keyboard. Kalau berhasil akan tampil, Menu Clone Options, tekan saja Ok.











13. Kemudian untuk sandarannya, kita juga bisa gunakan pegangan sofa, yang telah kita buat, dan nantinya bisa kita modifikasi lagi. Caranya, lakukan cloning lagi terhadap pegangan sofa, seperti sebelumnya, lalu posisikan sandaran ditengah pegangan sofa,  seperti gambar dibawah.











14. Klik di Objek Sandaran Sofa. Lalu masuk ke menu modify. Dan pilih Editable Poly, lalu pilih vertex.













15. Sekarang masuk ke layer Left. Dan tarik 2 Vertex Keatas.

















16. Sekarang dengan tombol select and rotate, kita putar vertek kebawah. Seperti gambar dibawah.

















17. Ok. Setelah diputar maka vertex baris kedua, kurang rapih, nah sekarang kita rapihkan, supaya, sejajar dengan sofa. Caranya, seleksi vertex bagian paling luar, lalu geser supaya sejajar dengan pegangan sofa.















18. Sekarang, jika sudah selesai. Kita klik lagi menu mesh smooth. Dan lihat hasilnya, sofa kita sudah 80% Jadi. Sekarang tinggal, buat dudukannya.













19. Untuk buat dudukan, caranya sama dengan membuat sandaran kursi. Cloning saja, salah satu pegangan sofa, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lalu posisikan dibawah sandaran sofa.













20. Selanjutnya, karena sofa terlalu pendek. Sekarang kita naikkan sofanya biar terlihat tinggi. Caranya, klik di dudukan sofa, lalu masuk ke modify dan pilih modus vertex lagi.













21. Sekarang masuk ke layer Front. Dan tarik 2 baris vertex ke atas. Seperti kita menarik vertex di sandaran sofa. Jika sudah tekan kembali, tombol Mesh Smooth.













22. Ok, jika sudah selesai, kembali ke layer Perspective. Dan lihat Hasilnya. Atau, jika pengen di Render, tekan tombol F9.















Tahap 2: Texturing 


ditahap 2 ini, kita akan memberikan tekstur pada sofa, agar terlihat menjadi menarik, dan tidak terkesan "telanjang". dan tekstur yang kita gunakan adalah tekstur bulu warna putih. ok, supaya tidak terlalu lama, silahkan ikuti tahapannya dibawah ini:

1. Save Tekstur Dibawah Ini ke Folder ..:Artoolkit\bin\wrl\texture



2. Tekan M di keyboard, untuk membuka material Editor. lalu pilih Slot 1.

















3. Buka Menu Maps, lalu Beril Tanda Checklist Diffuse Color, kemudian Klik tombol None.













4. Setelah Klik tombol None, maka akan tampil menu Material/Map Browser. pilih Menu paling atas, atau Menu Bitmap. dan pilih gambar tekstur bulu dari folder Artoolkit\bin\Wrl\Textures, yang saya kasih sebelumnya.











5. Bila sudah terpilih, maka akan slot satu akan terlihat tekstur bulu.


















6. Sekarang Drag Slot Tekstur Bulu Ke Sofa Anda.














7. Saat di Drag, Sofa belum Bertexture. Supaya kelihatan Teksturnya, Klik Tombol Kecil Show Map In Viewport. 










8. Sekarang Sofa, sudah Bertexture. Tekan F9 untuk melihat Hasilnya.

















9. Sekarang tinggal kita Eksport filenya ke Wrl. caranya, Klik File > Eksport > Save As Type: VRML (*.Wrl) dan simpan dengan nama Sofa di Folder ..:\ArToolkit\Bin\Wrl\. 10. Saat di Eksport akan keluar, menu Wrl Eksporter. Sebelu tekan Ok, Kita ganti dulu Bitmap Url Prefix, ..Maps menjadi ./Textures 


11. sekarang tinggal atur database di ARToolkitnya, dan jalankan Simple Vrml. (Yang Belum Paham Penggunaan ARToolkit, bisa belajar terlebih dahulu di Menu ARToolkit > Tutorial Dasar)


Sekian Semoga Bermanfaat.
Salam

A.R.T

Source:
The Magic Of 3DSTudio Max. Karya: Hendi Hendratman ST dan Robby ST.




















Dapatkan Buku Kami Disini:
www.nulisbuku.com


















Tutorial ARToolkit Part 4: Manipulasi Marker

Assalamualaikum..

Apa kabar semua?.. sudah lama saya tidak posting di blog ini, dikeranakan sibuk mengajar di kampus. Ok ditutorial kali ini kita akan membuat manipulasi marker dengan photoshop. beberapa minggu yang lalu banyak bertanya kepada saya, agar marker itu tidak kelihatan seperti marker alias tidak terlihat lagi seperti marker. seperti yang dicontohkan gambar dibawah ini:

















Sebenarnya tehnik manipulasi marker ini, saya pakai saat skripsi AR brosur saya. karena pembimbing saya menuntut agar marker tidak terlihat lagi didalam brosur. pertamanya, saya agak sedikit bingung bagaimana membuatnya, akhirnya saya menemukan gambar dibawah di Google:


























Digambar tersebut, saya melihat Jendela didinding tersebut berbentuk square atau kotak dan berwarna hitam. akhirnya saya berfikir untuk mengedit gambar tersebut di photoshop. agar bisa dijadikan marker, dan akhirnya saya berhasil membuat manipulasi marker. bagaimana tahapannya, ikuti langkah dibawah:

1. Save, Gambar Mobil dan Jendela diatas, lalu buka di Photoshop. (Saya Gunakan Ps Cs5)
2. Selanjutnya Buka Menu Filter > Filter Gallery
















3. Lalu buka Menu Artistic dan Pilih Dry Bush, lalu atur Parameternya seperti gambar dibawah:










4. Jika Berhasil Akan Terlihat Seperti Ini:

















5. Selesai. Sekarang Coba Kamu Gunakan Mk_Patt.exe untuk membuat Gambar Tersebut Jadi Marker. Pasti bakal terbaca jadi Marker, dan bisa digunakan di simplevrml.exe

Nb: Maaf Saya Kehabisan Tinta Print, Demonya Menyusul Yah.. hehehe.


Selamat Mencoba
A.R.T




List Tutorial
  1. Tutorial ARToolkit Part 1: Installing and Testing ARToolkit
  2. Tutorial ARToolkit Part 2: Membuat Marker
  3. Tutorial ARToolkit Part 3: Multi Marker 
  4. Tutorial ARToolkit Part 4: Manipulasi Marker
  5. Tutorial ARToolkit Part 5: Texturing Objek
  6. Tutorial ARToolkit Part 6: Texturing Multi-Sub Objek
  7. Tutorial ARToolkit Part 7: Membuat Augmented Reality Sound dengan ARToolkit
  8. Tutorial ARToolkit Part 8: Exporting WRL Dengan Blender

Friday, June 10, 2011

Journal Augmented Reality

Assalamualaikum.. 

Apakabar teman-teman A.R.T?, sudah lama saya tidak posting. mohon maaf sebelumnya, jika beberapa bulan yang lalu sedikit vakum, saya ada kesibukan mengurusi mahasiswa saya yang sedikit bandel.. haha. Ok, beberapa bulan lalu, banyak yang bertanya, sumber artikel A.R.T dari mana?, kok bisa tau penggunaan ARToolkit?, dll. Intinya, ada beberapa teman kita yang membutuhkan, journal untuk daftar pustaka di skripsi mereka. Ok, untuk diketahui sebelumnya, saya belajar AR dari Ibu Ossy dan Teman saya yang bernama Kiki Prabowo. yahh.. walaupun Kiki, tidak terlalu fokus di AR, jadi saya yang mengembangkan AR sendiri dengan membaca beberapa Jurnal dari Hirokazu. nahh.. dari situlah, saya mengerti bagaimana cara jalannya ARToolkit, pengaturan databasenya, kemudian modelling 3Dnya dll. 

Ok. daripada saya terlalu panjang bercerita. silahkan unduh beberapa Journal AR yang masih saya simpan dikomputer saya. semoga bermanfaat ya. (Paman Gie)


Thursday, April 14, 2011

Ibu Ossy Dwi Endah, W., M.T (Dosen Augmented Reality Universitas Lampung)

Hallo Temen-Temen A.R.T sudah lama saya tidak posting tutorial atau informasi tentang Augmented Reality. sebenarnya saya beberapa bulan ini sudah diterima kerja menjadi dosen di Universitas Swasta di  Lampung jadi karena kesibukan, saya belum sempat membuatkan tutorial baru. oleh karena itu, saya membutuhkan bantuan dari Dosen Augmented Reality saya untuk menulis dan membimbing teman-teman dalam membangun Augmented Reality dan alhamdulillah beliau sangat antusias membantu kalian dalam membangun Augmented Reality. 

supaya lebih kenal dengan beliau, saya beri sedikit biografi singkat tentang beliau. nama beliau adalah Ibu Ossy Dwi Endah Wulansari., M.T beliau adalah dosen senior di Universitas Lampung dan Universitas Darmajaya Lampung. beliau merupakan lulusan S2 dari ITB jurusan Digital Media dan Game Technology. dari sinilah beliau belajar Augmented Reality dengan ARToolkit. bahkan tesis beliau mengenai pengembangan Augmented Reality yang berjudul PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI INTERAKSI UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN MANASIK BERBASIS TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY.  tesis tersebut sekarang menjadi acuan pustaka para mahasiswa ilmu komputer di universitas lampung di skripsinya.. berikut beberapa secreenshot tesis beliau..
1. Ar Video, Simulasi dalam C++, Ar Animasi, dan Ar. Obyek 3D


2. Interaksi ARViewport Control dan Selection And Release


















3. Interaksi Marker Tengible (Marker Sentuh).


















Ok.. Jika sudah kenal dengan biografi simple tentang beliau. silahkan kalian Add facebook beliau.  Cukup klik disini Ossy Dwi Endah Wulansari. silahkan kalian bertanya dengan beliau tapi inget gunakan bahasa yang sopan ya. Kemudian Bagi yang ingin Mendownload EBook Tesis beliau, silahkan Unduh melalui link dibawah ini: tapi ingat, tetap jaga Hak Intelektualiatas belau. :)


DOWNLOAD EBOOK DISINI



Dapatkan Buku Kami Disini:
www.nulisbuku.com




















Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More