Buku Augmented Reality With ARToolkit

Buku Augmented Reality With ARToolkit
Dapatkan Segera

Leave Comment


ShoutMix chat widget

Sunday, July 1, 2012

Augmented Reality Markerless With Metaio Part 2

Hello Mate, Welcome to A.R.T - kita ketemu lagi di tutorial Metaio Part 2. saya anggap anda sudah mendownload software Metaio dari situs resminya,. jika sudah silahkan double klik Metaio anda, dan anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa Lisensi Trial ini hanya diizinkan memakai Objek 3D bawaan dari mereka.















pertama-tama, kita akan mengecek dulu web cam di laptop atau di PC. klik tombol kamera di menu paling bawah seperti digambar.
















setelah kamera terbuka, arahkan mouse ke menu atas sebelah kiri, lalu klik tombol "Tracking Configuration" atau klik saja icon berlambang Obeng. 




















jika sudah masuk ke menu tracking configuration, arahkan mouse anda ke menu tracking configuration dibawah, lalu klik tombol search di field tracking configuration file. 



















setelah di klik Search anda akan masuk folder instalasi Metaio yang sebelumnya sudah anda install. sekarang masuk kedalam folder config, lalu klik file AS_Tracking_Data, kemudian klik Open


















selanjutnya, kita klik tombol Geometry kemudian klik Load Geometry























di layar browse akan terbuka. di layar browse, pilihlah objek 3D yang sudah disiapkan oleh Metaio.


















untuk sekarang saya akan memilih 3 model, Dragon, T-Rex dan Knights_Dragons.
P.S: Objek Hanya Bisa ditambah satu per-satu, Jadi jika ingin menambahkan Objek Lain, ulangi lagi dari langkah Load Objek.


















selanjutnya, setelah anda load 3 objek. kita akan mengganti setiap ID COS di Object. gunanya apa? setiap ID mewakilkan kode marker. dalam hal ini, marker yang kita pakai adalah marker hitam-putih bawaan dari Metaio. yang bisa anda lihat dan anda print di folder C:\Program Files\metaio\Unifeye Design Demo\marker - silahkan anda print file pdf marker bernama SquareMarker.pdf -

sekarang saya anggap anda sudah mencetak ketiga marker "Raksaksa" tersebut.. hehee.(*Besar yah Markernya). lalu, kembali ke Objek, kemudian, klik di Objek Dua, misalnya Knight, kemudian di menu  General ganti COS-ID = 2






















begitu juga objek yang ketiga, ganti COS-ID menjadi 3 , sehingga hasilnya menjadi seperti ini.






















jika ingin menghapus objek, bisa klik tombol Close. sekarang, jika semua sudah ke set, arahkan marker ke kamera, maka anda akan mendapatkan animasi Trex, Dragon, Dan Knight.

















nah sampe sini mudah kan.. yapp menurut saya Metaio adalah Engine AR paling termudah yang pernah saya coba. dia juga bisa digunakan untuk Face Recognition. walaupun sayangnya untuk versi Demo, belum ada fasilitas Virtual Buttonnya.

byTheWay, itu kan AR dengan marker Fiduciary alias marker hitam-putih. nah yang markerless gimana. sabar.. kita sampaikan dulu tutorial disini, nanti kita lanjut Metaio dengan Markerless di Part 3.

oke Lads., cukup disini dulu, next tutorial kita akan membahas markerless dengan Metaio. I Hope You Make it Through.. See Ya... 

2 komentar:

untuk metaio ini hasilnya bisa di export supaya bisa dipake di web kaya FLARtoolkit ga gan?

gak gan. Metaio ini cuma Versi Demo.
kalo mau versi lengkap, beli lisensinya seharga 17 Juta Rupiah.

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More