Buku Augmented Reality With ARToolkit

Buku Augmented Reality With ARToolkit
Dapatkan Segera

Leave Comment


ShoutMix chat widget

SELAMAT DATANG DI AUGMENTED REALITY TEAM (A.R.T)

Kami Adalah Sebuah Tim Augmented Reality yang bergerak untuk mengembangkan AR di Indonesia. Blog ini dibuat untuk kita, saling berbagi, bertanya, dan berdiskusi tentang AR. Semoga Bermanfaat

SELAMAT DATANG DI AUGMENTED REALITY TEAM (A.R.T)

Kami Adalah Sebuah Tim Augmented Reality yang bergerak untuk mengembangkan AR di Indonesia. Blog ini dibuat untuk kita, saling berbagi, bertanya, dan berdiskusi tentang AR. Semoga Bermanfaat

SELAMAT DATANG DI AUGMENTED REALITY TEAM (A.R.T)

Kami Adalah Sebuah Tim Augmented Reality yang bergerak untuk mengembangkan AR di Indonesia. Blog ini dibuat untuk kita, saling berbagi, bertanya, dan berdiskusi tentang AR. Semoga Bermanfaat

SELAMAT DATANG DI AUGMENTED REALITY TEAM (A.R.T)

Kami Adalah Sebuah Tim Augmented Reality yang bergerak untuk mengembangkan AR di Indonesia. Blog ini dibuat untuk kita, saling berbagi, bertanya, dan berdiskusi tentang AR. Semoga Bermanfaat

SELAMAT DATANG DI AUGMENTED REALITY TEAM (A.R.T)

Kami Adalah Sebuah Tim Augmented Reality yang bergerak untuk mengembangkan AR di Indonesia. Blog ini dibuat untuk kita, saling berbagi, bertanya, dan berdiskusi tentang AR. Semoga Bermanfaat

SELAMAT DATANG DI AUGMENTED REALITY TEAM (A.R.T)

Kami Adalah Sebuah Tim Augmented Reality yang bergerak untuk mengembangkan AR di Indonesia. Blog ini dibuat untuk kita, saling berbagi, bertanya, dan berdiskusi tentang AR. Semoga Bermanfaat

Wednesday, September 7, 2011

Tutorial ARToolkit Part 6: Texturing Multi-Sub Objek

Assalamualaikum Wr. Wb

Selamat datang di A.R.T, di Tutorial baru kali ini akan dijelaskan cara menggunakan banyak texture untuk 1 objek di 3DSMax. cara seperti ini sangat penting diketahui, buat yang senang membangun pbjek 3D dengan hanya menggunakan 1 bahan, misal membuat Ikan pari hanya dengan menggunakan Box, atau membuat Kolam renang hanya menggunakan Tube.. dll. seperti contoh Kotak 3D, yang sudah saya beri 6 texture di pinggiran sisinya.. 


Bagaimana cara membuatnya?. ikuti tutorial dibawah..

1. Buka 3DSMax Versi Berapa Saja. Saya Sarankan Menggunakan 3DSMax 9 karena Texturingnya masih Mudah daripada Versi yang terbaru. 

2. Pilih menu Standart Primitive lalu pilih Box. 















3. Lalu Buatlah Box Dengan Ukuran Sedang (Bisa Dikira-Kira Sendiri). 











4. Selanjutnya, Klik Kanan Box kemudian Pilih Convert to Editable Poly












5. Selanjutnya buka Menu Modify lalu Pilih Polygon


















6. Nah ditahap ini akan sedikit rumit, jadi perhatikan baik-baik. untuk menggunakan banyak texture untuk 1 objek kita harus memberikan ID dimasing-masing sisi yang akan kita beri texture, yang nantinya ID tersebut akan membedakan masing-masing texture, bagaimana caranya?. perhatikan dibawah.

A. Klik Sisi Depan Box. (Anda Boleh Menggunakan Sisi Mana Saja, Yang Penting Tahu, sisi pertama mana yang Anda gunakan). kemudian masuk ke Polygon Properties, lalu klik Set ID = 1 (Select ID akan Mengikuti Otomatis Set ID, jadi tidak usah Dirubah). 











B. Selanjutnya, Klik Sisi Kiri Box (atau sisi mana yang akan kalian beri ID). lalu pilih Polygon Properties, dan Set ID = 2 ( Select ID akan Mengikuti Otomatis Set ID, jadi tidak usah Dirubah).












C. Begitu Seterusnya, sampai semua sisi Mempunyai ID yang berbeda. Ingat, SETIAP SISI HARUS MEMPUNYAI ID BERBEDA. Bila sama, maka texture akan kacau. 

7. Baik, jika kalian sudah menyelesaikan Menyetting ID disetiap setiap sisi Objek, selanjutnya kita masuk ke Texturing. untuk itu Tekan M di Keyboard untuk memanggir Material Editor. 

Catatan: Texture yang akan digunakan sudah harus di Copy-Paste ke Folder Texture (ARToolkit\Bin\Wrl\Textures).

















8. Klik di Slot 1, kemudian klik Tombol Standard dan Pilih Multi/Sub-Object

















9. Bila ada warning Replace Material, kita langsung pilih Discard Old Material










10. Selanjutnya kalian akan masuk ke menu Multi/Sub Object. Perhatikan penjelasan Berikut ini:


















11. Ok setelah dipelajari penjelasan diatas, selanjutnya, kita Unchecklist ID No 5 - 10 karena kita hanya menggunakan 6 Material. 


















12. Selanjutnya kita akan memberi material di sisi kotak pertama yang telah kita Set IDnya menjadi 1. Untuk itu klik tombol Material #25 (Standard) di ID 1





13. setelah itu kita akan masuk ke menu Standard Material biasa. Jangan bingung, kok kembali lagi ke awal, karna ini memang caranya. kemudian, klik Maps >> Checklist Diffuse Color >> Klik Tombol None >> Bitmap >> Pilih Material dari Folder Textures ARToolkit















14. Selanjutnya Jika sudah di Klik maka Texture akan ada di Slot 1. kemudian agar Texture terlihat di Viewport Perspective, kita Show Map In Viewport.


















15. Selanjutnya, jangan di Drag dulu texture ke Objek. nanti saja, sekalian setelah semua texture kita masukkan. Ok, ID Pertama telah kita beri Texture, selanjutnya kita beri Texture di ID kedua. caranya, klik tombol Go to Parent.. 














16. Selanjutnya kita kembali ke Menu Multi-Sub Object. Untuk ID Kedua dan Seterusnya, caranya sama Langkah ke 12 - 15. Cukup Ikuti saja, bila berhasil akan seperti ini:





















17. Hasilnya saat dirender, bisa diliat sebagai berikut:

















18. Ok, setelah selesai tinggal di Export menjadi WRL ke Folder ARToolkit\bin\Wrl. Cara setting ARToolkitnya sudah tidak perlu kami beritahu ya, kan sudah dijelaskan di Tutorial Awal. Jangan lupa, saat Export ke Wrl, Url Prefixnya dirubah dari ../maps menjadi ./textures











Selamat Mencoba, Semoga Berhasil.
Jika Masih Ada Pertanyaan Bisa ditanyakan Langsung di Forum

Wassalamualaikum..
A.R.T


List Tutorial
  1. Tutorial ARToolkit Part 1: Installing and Testing ARToolkit
  2. Tutorial ARToolkit Part 2: Membuat Marker
  3. Tutorial ARToolkit Part 3: Multi Marker 
  4. Tutorial ARToolkit Part 4: Manipulasi Marker
  5. Tutorial ARToolkit Part 5: Texturing Objek
  6. Tutorial ARToolkit Part 6: Texturing Multi-Sub Objek
  7. Tutorial ARToolkit Part 7: Membuat Augmented Reality Sound dengan ARToolkit
  8. Tutorial ARToolkit Part 8: Exporting WRL Dengan Blender

Wednesday, August 17, 2011

Video Tutorial Texturing Objek di 3DSMax Untuk ARToolkit

Assalamualaikum.
Selamat Datang di Augmented Reality Team. Pada postingan kali ini, akan saya bahas ulang tentang texturing objek di 3DSMax. karena banyak teman kita yang gagal, saat melakukan texturing. maka dari itu, supaya tutorialnya jelas, saya buatkan dalam bentuk Video. semoga video tutorial ini membantu.

Salam.
A.R.T




Dapatkan Buku Kami Disini:
www.nulisbuku.com










Friday, August 12, 2011

Video Tutorial Compiling SimpleVrml.exe dengan Visual C++ 2008

Assalamualaikum

Hello Selamat datang di ART. Dikarenakan Beberapa Hari ini Banyak Yang Berdiskusi dengan Kami, Bahwa Mereka Selalu Gagal saat Meng-Compile Ulang SimpleVRML.exe. maka kami akan membagikan video tutorial Compiling SimpleVrml.exe dengan Visual C++ 2008. Video ini dibuat oleh Anggi dan Yunda beberapa tahun silam yang saat itu sedang belajar Augmented Reality dengan ARToolkit. Jadi mohon dimaklumi, jika video Tutorial masih agak berantakan. semoga video tutorial ini membantu ya. 


Software Needs:
ARToolkit Bin-Book
Microsoft Visual C++ 2008


Dapatkan Buku Kami Disini:
www.nulisbuku.com




















Saturday, July 23, 2011

Download 3DSMax 2012 dengan Torrent Melalui Internet Download Manager (IDM)

Assalamualaikum..

Hallo Teman-Teman A.R.T. Pada Postingan kali ini kami akan mengajarkan bagaimana cara mendownload 3DSMax 2012 + Crack dengan Mudah, tanpa Mendowload dengan Part per Part. Kenapa kami posting ini, karena yang kami tahu, banyak teman-teman A.R.T susah mencari link download 3DSMax 2012 untuk melakukan Modelling ARnya. jika ada, paling hanya link dari Situs Official 3DSMaxnya, itu juga kita tidak bisa mendownloadnya lewat IDM, bahkan jika kita mendownload dari situs official Autodesk, kita hanya dikasih Versi Trial. 

Jadi bagaimana solusinya?, Solusinya dengan menggunakan Torrent. Kenapa harus Torrent?, bukankah dengan Torrent downloadnya lebih lama, dan tidak bisa menggunakan IDM?. Jawabnya, siapa bilang?. Torrent sekarang bisa didownload dengan IDM. caranya, ikuti tutorial dibawah ini. 

1. buka situs www.torrentz.com untuk mengambil link downloadnya. 
2. Di kotak Search, ketikkan 3DSMax 2012, dan pilih link yang sudah saya lingkari warna merah. 









3. Selanjutnya kita akan dikasih pilihan link download dari situs-situs penyedia torrent. untuk itu, pilihlah situs penyedia torrent dari thepiratebay.org (salah satu yang terbaik). seperti yang kami lingkari dibawah. 








4. Setelah itu, kita akan masuk ke situs thepiratebay.org. selanjutnya KLIK KANAN LINK HIJAU bertuliskan DOWNLOAD THIS TORRENT (MAGNET LINK), lalu Pilih "SALIN ALAMAT TAUTAN" atau "COPY LINK URL" dan sebagainya (tergantung web browser masing). yang penting kita copy alamat URL Link Tulisan Download This Torrent Tersebut. 










5. Setelah itu, buka http://www.torrific.com, dan registrasi ke situs tersebut. tenang saja, registrasi Free dan Mudah, tidak pake ribet. setelah registrasi selesai, copy-paste link tersebut, ke kotak torrent URL. Setelah di Copy, Klik GET, untuk mendapatkan link Download. 






6. Setelah itu, klik tombol INITIATE BITTORENT TRANSMISION. 
Ps: Biasanya, di Tahap ini, kita akan disuruh menunggu Torrent di Upload dahulu, baru bisa didownload. lamanya menunggu tergantung besarnya file yang akan didownload. 










7. Untungnya, Link Torrent yang kita Pilih masih Bagus, jadi kita tidak perlu menunggu Torrent di Upload dahulu oleh Torrific. Untuk itu Langsung Saja Download, dan Kalian Akan Dikasih Pilihan, Mau Didownload Langsung apa Didownload Per-Part. Jika Mau Didownload Langsung Semua Part Klik "download checked files as .zip". Jika mau didownload Per-Part cukup klik link biru disetiap Partnya. 

















8. Jika Diklik, Maka Akan Tampil Layar IDM. dan Berikut Hasilnya.. 












9. Ok Selamat Mendownload. Ingettt... Torrentz.com adalah SURGA LINK DOWNLOAD GRATIS, banyak program langka, film, musik, ebook, dll yang susah kita dapetkan linknya, bisa kita temukan disini. dan berikut Provider Torrent Terbaik, agar kalian tidak salah milih di torrentz.com, karena tidak semua provider torrent bagus, hanya beberapa yang bagus.  

1. thepiratebay.org
2. monova
3. fenopy
4. btmon
5. btjunkie


CATATAN PENTING: (WAJIB BACA)

Salah Satu Kelemahan Dengan Mendownload Torrent dengan Torrific adalah, Kita mempunyai Batas Waktu Mendownload. ada batas waktu downloadnya Seminggu, Sebulan, bahkan ada yang Sehari. jadi jika saat download, tiba2 di IDM putus, jangan di RESUME ULANG, cukup sementara DI CANCEL dulu downloadnya, lalu liat di status torrific, kalian lihat, link download kalian masih berstatus AVALIABLE, REMOVE atau QUEQUE. 

Jika, Remove:
Masukkan lagi URL Torrent downloadnya, kemudian tunggu sampai Status Avaliable. jika sudah Avaliable Kalian, Resume lagi Downloadan Kalian lewat IDM, pasti akan lanjut downloadan kalian, tanpa harus mendownload Ulang. 

Jika, Queque:
Cancel Downloadan kalian di IDM, dan tunggu sampai Avaliable. jika status sudah Avaliable, Resume lagi Downloadan kalian. 

Jika Status Avaliable, Tp Download Putus:
Kemungkinan, Jaringan Download kalian Error.  


HASIL INSTALASI:





Dapatkan Buku Kami Disini:
www.nulisbuku.com
































































Tuesday, July 19, 2011

AR dengan Animasi Biped dan Rigging Untuk ARToolkit Part 3 (Fix/Animasi Berhasil)

Asalamualaikum..

Hallo Teman-Teman A.R.T, selamat datang di Blog kami. di Postingan kali ini masih membahas bagaimana membuat Animasi Biped dan Rigging. Setelah Berputar-Berputar Masalahnya, Ternyata Masalahnya ada saat di Eksportnya, untuk itu kami ucapkan terima kasih buat Mas Wawan, yang sudah mau berbagi dengan kami. baik langsung saja ikuti tutorial biped dan rigging dibawah ini, setelah biped dan rigging kalian jadi baru ikuti, tahapan eksport dari kami.

Ps: Objek Yang Kami Pakai Berbeda dengan Di Video Tutorial. Kami Menggunakan Objek Kami Sendiri. Jika Mau Didownload, Silahkan Klik Link Disini. Tapi Kami Tetap Menggunakan Video Tutorial Dibawah Sebagai Acuan. Didalam File tersebut, lengkap dengan, Objek Orang, File Figure (.Fig) dan File Biped (.Bip) yang diperlukan untuk Membangun AR Biped dan Rigging. 


1. Tahap Biped dan Rigging








2. Tahap Eksporting 


1. Ok.. Setelah kalian Selesai Membuat Animasi Biped dan Rigging, selanjutnya, tekan tombol "Select By Name" 








2. Selanjutnya, Seleksi Semua File Biped yang Ada, lalu klik Select


























3. Masih dalam Keadaan Biped Terseleksi. sekarang Klik Kanan Objek, Lalu Pilih Object Properties, Lalu Beri Tanda Checklist Hide.



























4. Setelah Biped Menghilang, Klik File > Eksport > Save As Type: VRML97(*.Wrl) > Beri Nama "Biped" > Save di ARToolkit\Bin\Wrl


5. Setelah itu Muncul VRML97 Eksporter. Aturlah Settingan Eksporter, seperti Gambar Dibawah..


































6. Klik Ok, dan Jalankan Simplvrml.exe (Tidak Perlu Saya Jelaskan Lagi Yah..)

Berikut Hasilnya..





Dapatkan Buku Kami Disini:
www.nulisbuku.com










Saturday, July 16, 2011

AR dengan Animasi Biped dan Rigging Untuk ARToolkit Part 2

Assalamualaikum Wr.Wb


Hallo Temen-Temen A.R.T, selamat datang di blog kami. baiklah ini adalah review progress kami melakukan testing  Animasi Biped dan Ringging untuk ARToolkit. Well, sebelum saya lanjut, mungkin masih ada yang bertanya apa itu animasi biped dan rigging?. Ok, singkatnya, Biped adalah sebuah tool berbentuk tulang (seperti tulang manusia) yang bisa kita gunakan untuk menggerakan objek berkarakter, seperti manusia, hewan, robot, dll, yang membutuhkan animasi untuk bergerak, kemudian apa itu rigging? rigging adalah tehnik animasi yang bisa kita lakukan setelah kita melakukan biped pada objek. 


Mungkin kami belum bisa memberikan tutorial Biped dan Rigging, tapi kami punya link dari Youtube yang bisa kalian gunakan untuk belajar Biped dan Rigging. silahkan sedot video dibawah..











Baik, sambil kalian mendownload video tutorial diatas, kami akan mereview progress Animasi Biped dan Rigging kami, Well. Objek Berjalan Lancar saat di Render. tapi Masalahnya, Biped masih terlihat saat dirender. padahal di 3DSMax sudah di Hide, tp masih kelihatan saat dirender. 

Kami juga sudah Mencoba Berbagai Cara, Agar Tulang Tidak Kelihatan, Kami Buat Biped lebih Kecil Dari Objek, tp Saat Digerakan di 3DSMax, Objek Menjadi Hancur, karena Jika Bermain Biped dan Rigging, Biped Harus Lebih Besar dari Objek..
Jadi??.. Jika teman-teman ada solusi, silahkan komentar dibawah ini. Terimakasih.. :)  







Dapatkan Buku Kami Disini:
www.nulisbuku.com










Friday, July 15, 2011

AR dengan Animasi Biped dan Rigging Untuk ARToolkit

Assalamualaikum Wr.Wb

Hallo, Teman-Teman A.R.T, selamat datang di Blog kami. Mungkin buat yang sering mengikuti Tutorial kami, kami pernah menulis bahwa Animasi Biped dan Rigging tidak akan jalan di ARToolkit. Tapi ternyata kami salah, dan kami minta maaf, setelah share dengan teman-teman di Forum A.R.T ternyata Animasi Biped dan Rigging bisa jalan di ARToolkit, dan kami sudah mencobanya, walaupun tidak rapih. hasilnya seperti ini:


Animasi Biped dan Rigging diatas masih tahap percobaan, jadi mohon maklum jika objeknya masih berantakan, itu dikerankan bukan masalah di ARToolkit, tapi di masalah kami, belum merapihkan objeknya di 3DSMax. jadi terlihat Objeknya masih kasar.

Mungkin kami, belum bisa Memberikan tutorial Biped dan Rigging di 3DSMax, tapi setidaknya kami akan memberi tutorial, bagaimana supaya Animasi Biped dan Rigging bisa Jalan di ARToolkit. Berikut Tahapannya:

1. Anggap saja, kalian sudah menyelesaikan Animasi Biped dan Rigging













(Ps: Objek Diambil dari Buku "The Magic Of 3D Studio Max" Karangan Hendi Hendratman dan Robby)

2. Setelah Objek Selesai, Klik File > Eksport > Pilih Save Type: VRML97 (*.Wrl)
3. Atur Target Penyimpanan Wrl di ARToolkit\Bin\Wrl
4. Kalian Beri Nama Masing-Masing (Misal: Biped Test) 
5. Setelah kita tekan Save, akan Muncul VRML97 Eksporter, 
6. Di Menu Generate, Beri Tanda Checklist Berikut Ini:

> Normal
> Identation
> Primitives
> Color Per Vertex
> Coordinate Interpolators
> Eksport Hidden Object
> Flip-Book (TIDAK USAH DICHECK LIST).. 






















7. Setelah itu Tekan Ok. 
8. Selanjutnya, Tinggal kalian Atur sendiri File .dat dan File .ObjectDataVrml yahh.. 
(Ps: Yang masih belajar ARToolkit, Kalian bisa Belajar Dulu Membangun AR dari Dasar di Blog ini)
9. Hasilnya Bisa, dilihat di Video Animasi Yang Masih Hancur Tersebut diatas.,. (Hahaha..)

Baiklah, sekian tutorial yang singkat ini. intinya, kami belum bisa memberikan tutorial biped dan rigging, karena masih belajar. jika kalian ingin belajar, kalian bisa membeli buku acuan kami:















Dan jika Kalian Berhasil Melakukan Biped dan Rigging, Hasilnya bisa Rapih Seperti Buatan temen Kita, Yaitu Buatan Wawan. 


Sekian, Tutorial Singkat dari Kami. Semoga Bermanfaat,.


Dapatkan Buku Kami Disini:
www.nulisbuku.com




















Friday, June 17, 2011

Dekstop 3D dengan Bumptop

Assalamualaikum .. 

Halo Semua.. Selamat datang di A.R.T. Mungkin Postingan ini, tidak ada hubungannya dengan AR tapi, berhubung kemarin ada beberapa teman kita yang bertanya, tentang dekstop 3D yang saya gunakan seperti di Video Tutorial Augmented Reality ini: Maka saya akan berbagi bagaimana cara membuat dekstop 3D.















Well, Dekstop 3D tersebut saya gunakan dari Software Bumptop. Software tersebut, sebenarnya saya dapatkan saat saya membeli Vga baru untuk menunjang skripsi AR saya setahun yang silam. pada awalnya, saat saya sedang mengginstall Cd Driver Vga tersebut, ada opsi softaware lain yang bisa kita install. tadinya, saya kira Bumptop itu sebuah Mini PC game, jadi saya install saja.. (hehe.. :p) .. tapi saat diinstall, saya langsung kaget, dekstop saya berubah jadi keren seperti ini:
















Saya benar-benar terkejut, dekstop saya yang tadinya gak ada aksesoris apa, alias polos, tau-tau langsung berubah menjadi dekstop 3D seperti di Linux. akhirnya, karena penasaran saya searching di Google, dan mencari tau apa itu Bumptop?. setelah ditelusuri, ternyata Bumptop itu software dekstop 3D, dan baru diluncurkan awal 2008. makanya software yang saya dapet dari CD Driver Vga saya itu masih versi Beta.

beberapa minggu memakai dekstop Bumptop, saya sedikit bosan dengan tema, yang saya pakai, hanya polos berwarna biru. akhirnya saya mencari situs, yang menyediakan tema untuk Bumptop, dan akhirnya saya ketemu situs ini, http://customize.org/bumptop .. yang menyediakan berbagai tema untuk bumptop.














pada awalnya saya banyak mengambil tema dari situs tersebut, tapi saat diinstall di Bumptop Beta, tidak semua tema bisa diinstall, awalnya sedikit kecewa. tapi karena penasaran, saya cari di situs torrent, untuk mendapatkan Bumptop versi Full. akhirnya saya mendapatkan Bumptop Pro Versi v2.1.6225, dan Alhamdulillah, semua tema bisa dinstall. Ok daripada saya panjang lebar bercerita, langsung aja saya kasih cara install Bumptop.

INSTALASI

1. Download Bumptop Pro Disini. 
2. Jika sudah didownload, double klik BumpTop_Pro_v2.1.6225_By_Adrian_Dennis.exe
3. Ok, setelah diklik maka akan tampil 2 menu. Click to Install BumpTop Pro v2.16225 dan Bumptop Pro v2.1.6225 Patch By Adrian Dennis. kita klik dulu yang Opsi Pertama, yaitu Click to Install BumpTop Pro v2.16225. 
















Cat: Saat Menu Terbuka, ada Backsound Lagu yang terputar di Menu Tersebut. Kalo Penasaran itu lagu siapa, itu langunya Kevin Rudolf - I made it (feat. Lil Wayne Birdman and Jay Sean). Kalau Mau Download Bisa Klik Link Ini >> KLIK DISINI


4. Ok.. selanjutnya, tinggal ikuti petunjuk Install dari Bumptop.


















5. Setelah Diinstall, Jalankan Langsung Bumptop, Jika dia Meminta Serial Number Untuk Bump Pro.kita cuekin dulu, dan pilih menu sebelahnya. selanjutnya, jika sudah masuk ke BumpTop, maka tampilan dekstop kita berubah menjadi seperti ini:
















6. Selanjutnya akan ada Tutorial penggunaan Bumptop, Silahkan kamu mengikuti tutorial yang diberikan. :)

7. nah.. sebelum kita utak atik, kita patch dulu Bumptop ini, supaya kita bisa mendapatkan yang pro. caranya, klik kanan menu bumptop di taskbar, lalu pilih Exit Bumptop

.












8. Jika sudah, masuk lagi ke menu Instalasi, lalu klik Bumptop Pro v2.1.6225 Patch By Adrian Dennis. dan jalankan Patch. Beres.. kini kita sudah memiliki Bumptop Pro. sekarang kamu bisa menambah widget frame photo, menu FB dan Twitter, Icon 3D, dll silahkan di utak atik sendiri. Oia, perhatian, terkadang Dekstop 3D ini membuat berat komputer, jadi bijaksanalah memakainya. :)



TEMA BUMPTOP


1. sekarang kita sudah punya dekstop 3D Bumptop, nah masalahnya bagaimana merubah temanya, agar lebih bervariasi. caranya klik di website ini:. http://customize.org/bumptop atau  untuk testing kita bisa mendownload tema RedWood ini http://customize.org/bumptop/61769

2. setelah didownload, Ekstrak redwood_bumptop_theme.zip. setelah itu, klik kanan dekstop kamu, lalu pilih More > Bumptop Theme




















3. setelah diklik, kita masuk ke menu tema bumptop. sekarang atur opsi floor, front wall, left wall, right wall, dan back wall, dengan mengKlik tombol browse. lalu atur seperti ini:













4. Setelah itu, Klik Apply. dan Lihat Hasilnya:
















5. Ok.. Selesai. Sebenarnya, kalian bisa membuat tema kalian sendiri dengan Photoshop. jadi tidak perlu cape-cape download. selamat mencoba ya. semoga senang dengan dekstop 3D ini. :)

Salam
A.R.T


Dapatkan Buku Kami Disini:
www.nulisbuku.com




















Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More